HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Akhirnya, Presiden Jokowi Bentuk Badan Restorasi Gambut

PortalHijau.Com - Kebakaran hutan di tahun 2015 menjadi pelajaran bagi pemerintah untuk melakukan antisipasi. Untuk itu Presiden Jokowi ...

PortalHijau.Com - Kebakaran hutan di tahun 2015 menjadi pelajaran bagi pemerintah untuk melakukan antisipasi. Untuk itu Presiden Jokowi membentuk Badan Restorasi Gambut (BRG).

"Tahun kemarin tahun 2015 terjadi kebakaran lahan dan hutan di beberapa provinsi. Oleh karena itu pada hari ini saya ingin menyampaikan telah terbentuknya Badan Restorasi Gambut melalui Perpres yang sudah saya tandatangani 6 Januari lalu," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (13/1/2016).

Seorang aktivis lingkungan bernama Nazir Foead kemudian ditunjuk untuk mengepalai badan tersebut. Nazir pernah aktif di organisasi lingkungan internasional yakni WWF.

"Saya memandang Nazir Foead memiliki kompetensi, pengalaman dalam melakukan restorasi hutan dan gambut. Terutama kemampuan untuk koordinasikan dengan kementerian, lembaga dan jejaring lembaga internasional," tutur Jokowi.

Pada saat pengumuman, Jokowi juga didampingi Nazir Foead. Selain itu ada pula Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Stafsus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi.

Tugas pertama yang diberikan kepada Nazir adalah membuat rencana aksi sehingga lahan gambut kembali seperti sediakala. BRG juga diminta menjadi koordinator di berbagai provinsi yakni Riau, Jambi, Sumsel, Kalbar, Kalteng, Kalsel dan Papua.

Menteri LHK Siti Nurbaya kemudian menambahkan, masa kerja BRG adalah hingga 31 Desember 2020. BRG akan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. (bpn/hri)