Header Ads

Hasil Penelitian Dari Inggris: Kota Lebih Hijau, Akan Membuat Penduduknya Lebih Berbahagia

loading...
Kota Hijau - Masyarakat yang tinggal di wilayah atau kota yang memiliki lebih banyak ruang terbuka hijau, seperti taman, kebun dan ruang hijau yang lain, memiliki hidup yang lebih berkualitas dibanding mereka yang tinggal di kota yang tidak memiliki ruang terbuka hijau.

Kesimpulan ini terungkap dari hasil penelitian terbaru yang dipimpin oleh Dr Mathew White dari European Centre for Environment & Human Health di University of Exeter Medical School, di Truro, Cornwallm, Inggris.

Dengan menganalisis data hasil survei rumah tangga nasional, Dr White dan tim di European Centre menemukan, masyarakat yang tinggal di wilayah yang lebih hijau lebih jarang mengalami stres dan hidup lebih bahagia.

Yang lebih penting lagi, hasil ini diperoleh setelah tim peneliti memerhitungkan faktor perubahan pendapatan, pekerjaan, status perkawinan, kesehatan dan tipe rumah mereka.

Tim peneliti menganalisis data 10.000 orang responden antara tahun 1991 hingga 2008. Hasil penelitian ini sesuai dengan hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa berada di ruang terbuka hijau mampu memerbaiki suasana hati dan fungsi kognitif seseorang.

“Penelitian ini penting bagi psikolog, petugas kesehatan masyarakat dan ahli tata kota yang tertarik memelajari dampak urbanisasi dan perencanaan perkotaan terhadap kesehatan dan kualitas hidup masyarakat,” ujar Dr White sebagaimana dikutip dalam berita University of Exeter.

Dalam tim ini Dr White dibantu oleh Dr Ian Alcock, Dr Benedict Wheeler, dan Professor Michael Depledge dari University of Exeter Medical School. Hijauku
Diberdayakan oleh Blogger.