Header Ads

Pusat Diminta Melakukan Audit Lingkungan Perkebunan & Pertambangan di Tanah Papua

loading...
PortalHijau.Com - Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) meminta pemerintah pusat melakukan audit lingkungan terhadap proyek-proyek di sektor perkebunan dan pertambangan di Papua. 

Peneliti Elsam Kania Mezariani menuturkan perkebunan dan pertambangan seringkali menjadi sumber konflik di tingkat lokal maupun nasional. Oleh karena itu, sambungnya, pemerintah harus melakukan audit lingkungan.

"Pemerintah pusat juga harus menitikberatkan pembangunan ekonomi yang langsung menyentuh kebutuhan rakyat," kata Kania dalam rilis yang dikutip, Sabtu (26/12/2015). 

Elsam juga meminta pemerintah harus segera menetapkan tata ruang di provinsi Papua dan Papua Barat. Hal itu, sambung Kania, guna menjamin ruang hidup orang asli Papua, di antaranya untuk penguasaan hutan adat maupun tanah adat.

Koordinator Informasi dan Dokumentas Elsam Ari Yurino menuturkan program transmigrasi ke Papua juga berakibat negatif bagi masyarakat Papua. Menurutnya, meningkatnya jumlah pendatang ke Papua meningkatkan konflik horizontal. Yusuf Waluyo Jati
Diberdayakan oleh Blogger.