Header Ads

Ayo Bersama - Sama, Kita Semua Bertanggung Jawab Mengatasi Sampah Plastik

PortalHijau - Sangat sulit menghapus penggunaan kantong plastik namun yang paling memungkinkan adalah melakukan aksi 3R, menggunakan ulang plastik (reuse), mengurangi pemakaian plastik (reduce), dan mendaur ulang sampah plastik (recycle).

Terkadang kita merasa sangat berat dan sulit melakukan aksi 3R. Namun, ada hal-hal mudah yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi dalam upaya mereduksi produksi sampah plastik.

Caranya adalah tolak plastik kresek jika tidak diperlukan. Menurut survei, plastik kresek merupakan jumlah sampah plastik paling banyak. Jika membeli sesuatu dalam jumlah sedikit di warung atau ­mini market, bawalah barang itu dengan tangan atau masukkan dalam tas. Selalu sediakan tas kain yang bisa dilipat sehingga fleksibel untuk dibawa kemana pun.

Tas kain ini dapat menjadi alternatif pengganti plastik kresek dan bisa digunakan berulang kali, selain itu hal yang bisa yang Anda lakukan adalah:
  • Bawa botol minum sendiri ke mana pun pergi. Faktanya, sampah botol minum merupakan salah satu sampah plastik yang dominan.
  • Bawa kotak makan ke mana pun pergi. Sangat banyak makanan yang menggunakan plastik sebagai kemasannya.
  • Mulai berkreasi dengan sampah plastik. Ubah mindset bahwa sampah adalah barang tak berharga, karena sesungguhnya ada banyak hal yang bisa dikreasikan dari sampah.
  • Selalu bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkan. Kalimat “buanglah sampah pada tempatnya” tentu sudah sangat sering kita temui. Namun kini ubahlah konsep tersebut dengan prinsip untuk mengurangi produksi sampah, terutama sampah plastik.
Lakukanlah hal di atas dengan tekad yang bulat dan penuh dengan sikap konsisten. Dengan begitu Anda telah menjadi bagian dari penyelamat bumi. - Mahmur Marganti
Diberdayakan oleh Blogger.