Header Ads

Untuk Mengatasi Lahan Sempit, Pemkot Mojokerto Melakukan Konsep Memaksimalkan Pertanian Kota

loading...
Pemkot Mojokerto akan membuat Konsep Pertanian Kota (Konsep Urban Farming) menyusul menyusutnya lahan pertanian di Kota Mojokerto setiap tahunnya. Konsep Pertanian Kota adalah dengan memaksimalkan lahan yang terbatas, diantaranya dengan praktek budidaya, pemrosesan dan distribusi bahan pangan.

PortalHijau - Walikota Mojokerto, Mas'ud Yunus mengatakan, Pertanian Kota juga bisa melibatkan peternakan, budidaya perairan dan hortikultura. "Dalam arti luas, Pertanian Kota mendeskripsikan seluruh sistem produksi pangan yang terjadi di kota. Lahan yang digunakan bisa tanah tempat tinggal seperti pekarangan, balkon atau atap-atap bangunan, pinggiran jalan umum atau tepi sungai," ungkapnya, Selasa (11/10/2016).

Konsep Pertanian Kota dapat memberikan konstribusi penyelamatan lingkungan dengan pengelolaan sampah Reuse dan Recyle. Membantu menciptakan Kota Mojokerto yang bersih, nyaman. Dapat menghasilkan O2 dan meningkatkan kualitas lingkungan kota, meningkatkan Estetika kota, mengurangi biaya dengan penghematan biaya transportasi dan pengemasan.

"Yang terpenting yakni untuk meningkatkan hasil produksi dan perekonomian serta kesejahteraan para petani Kota Mojokerto. Model jenis Pertanian Kota seperti halnya memanfaatkan lahan tidur dan lahan kritis, memanfaatkan ruang terbuka hijau, mengoptimalkan kebun sekitar rumah dengan menggunakan ruang," katanya.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar konsep Pertanian Kota bisa berjalan dengan baik, yakni dengan memberikan penyuluhan kepada para petani bagaimana caranya meningkatkan kualitas produk, kemudian membimbing dengan bekerja, serta jaminan pasar yang melakukan sebisa mungkin untuk memenuhi spesifikasi produk yang diberikan oleh swalayan.

Walikota mencontohkan, Kota Surabaya merupakan kota besar, namun gerakan Pertanian Kota yang dibangun berdasarkan ide atau inovasi warga kota serta didukung pemerintah yang diharapkan memberikan konstribusi positif. Seperti meningkatkan jumlah variasi makanan yang tersedia dan kemungkinan sayuran, buah-buahan segar diproduksi di kota.

"Saya sudah memberikan tugas kepada Dinas Pertanian agar membuat konsep Pertanian Kota bisa segera diterapkan di kota tercinta kita ini," tegasnya.

Penulis: Mispi. P
Diberdayakan oleh Blogger.