Header Ads

Energi Terbarukan, Menangkap Energi Angin Dengan Menggunakan Wind Tree

loading...
PortalHijau - Membangkitkan energi listrik dari sumber energi terbarukan khususnya angin di perkotaan bukanlah perkara mudah. Kecepatan angin tidak semaksimal di area terbuka dimana tidak banyak halangan seperti bangunan dan gedung.

Namun hal itu justru menjadi celah bisnis bagi seorang Jérôme Michaud-Larivière. Melalui perusahaannya New Wind, enterpreneur asal Perancis tersebut mencoba menangkap kesempatan itu dengan mendesain Wind Tree.

Sesuai namanya, Wind Tree adalah sebuah turbin angin yang meniru sebuah pohon. Tingginya sekitar 11 meter dengan diameter rerimbunan dahannya berkisar 8 meter. Dedaunannya digantikan dengan sejumlah turbin angin mikro sumbu vertikal. 

72 micro turbin angin dipasang untuk menangkap energi angin dan membangkitkan 3,1 kiloWatt listrik.

Lazimnya turbin angin sumbu vertikal, maka Wind Tree didesain untuk menangkap angin dengan kecepatan yang cukup rendah, yaitu sekitar 2 meter per detik. Dengan daun tiruan sebanyak 72 buah, maka Wind Tree diklaim mampu menghasilkan 3,1 kiloWatt. Generator dan pengkabelan disembunyikan di dalam dahan-dahannya.

Desain yang serupa juga pernah dilakukan oleh desainer-desainer dari Belanda dengan Power Flower-nya.

Dengan sudah dibuatnya prototip, Wind Tree tampaknya lebih siap memasuki pasar komersial, dibanding Power Flower. Jika memang akhirnya Wind Tree dipasarkan secara komersial, maka diperkirakan harganya berkisar 36.500 US dolar. Wedha Augusta
 
Diberdayakan oleh Blogger.