Header Ads

Lokasi Wisata di Tamiang Belum Dikelola

loading...
PortalHijau.com - Bagi kamu-kamu yang hobi berwisata/melancong ke daerah wisata alam dan masih asri, khusunya di kabupaten Aceh Tamiang, anda pasti pernah mendengar kampong Selamat, Simpang Kiri Kec. Tenggulun. Sebuah Desa yang terletak di sebelah timur bagian selatan kota Kualasimpang. Ya disitu terdapat berbagai macam wisata alam dan yang masih alami, antara lain di Dam Kampung Selamat, dimana terdapat air yang masih jernih kehijauan mengalir di sungai yang penuh bebatuan dan terdapat Dam penahan air sehingga anak-anak dan keluarga anda bisa bermain sepuasya.

Di kampung Selamat juga terdapat temat wisata Pintu Kuari, sebuah gua nan eksotik dan masih alami yang banyak dikunjungi wisatawan lokal setiap hari libur kerja, di Kampung Selamat juga terdapat sebuah air terjun tingkat tujuh, dimana anda akan menemukan sebuah air terjun yang memang letaknya begitu terpencil di sebuah dusun dan akses jalannya yang masih kurang baik. Ya air terjun ini bernama Air Terjun Tingkat Tujuh Kampung Selamat.

Di samping itu juga terdapat tempat wisata alami Gunung Pandan, sebuah sungai yang mengalir air jernih kehijauan dihiasi bebatuan di dalam sungai dengan lokasi bantaran sungai yang lebar dan cocok sebagai tempat wisata keluarga.

Semua lokasi di atas, pada akhir tahun 2010 dipenuhi dan dipadati oleh orang-orang yang ingin menikmati liburan bersama keluarga. Untuk menikmati pemandangan alam yang sangat menakjubkan ini, sesampai di lokasi dusun atau tempat parkir, kita menuruni jalan setapak yang menuntut kita harus berhati-hati dan memerlukan konsentrasi berlebih.

Kita masih diharuskan menyusuri sungai yang tidak dalam. Kita akan melewati batu-batu sungai yang masih alami dan menyusuri kayu-kayu yang dijadikan pijakan kaki. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, anda akan disuguhi panorama indah yang tak boleh dilewatkan dari pohon-pohonan hijau yang ada di kiri dan kanan jalan. Pepohonan rindang yang ada di kiri-kanan bibir sungai dan tebing-tebingnya, membuat suasana di lokasi air terjun ini cukup sejuk dan teduh.

Namun, dibalik keindahannya, Pemkab Aceh Tamiang seakan-akan belum peduli dengan keberadaan air terjun ini. Air Terjun Tingkat Tujuh ini masih belum dikelola dengan baik oleh pihak Pemkab Aceh Tamiang. Belum ada fasilitas yang dibangun oleh Pemkab. Jadi tak heran bila untuk menuju kesana kita tidak ditarik restribusi melainkan hanya membayar parkir. Selain itu amat sangat memprihatinkan melihat belum adanya jalan yang memadai untuk mencapai lokasi air terjun, disamping jalannya rusak, bila hujan licin sekali dan sangat membahayakan bila anda kurang hati-hati.

Di sekitar tempat ini juga belum ada rumah makan yang layak disinggahi oleh para wisatawan yang datang berkunjung. Sebaiknya, siapkan perbekalan sendiri (terutama air minum) dari rumah sebelum mulai berpetualang ke Dam Kampung Selamat, Gua Pintu Kuari, Wisata Gunung Pandan, dan Air Terjun Tingkat Tujuh.
Diberdayakan oleh Blogger.