Header Ads

Kawasan Gua Son Doong Vietnam Memiliki Hutan dan Sungai Yang Menakjubkan

loading...
Bumi masih menyimpan banyak misteri yang selalu coba ingin diungkap manusia. Tak hanya lautan, wilayah daratan di Bumi pun kerap menunjukkan hal yang tak terduga.

Hutan Son Doong - Misalnya saja gua terbesar di dunia, yang secara mengejutkan bahkan memiliki hutan dan sungai. Padahal, gua sering diartikan sebagai tempat berongga di dalam tanah.

Lalu, bagaimana mungkin ada hutan dan sugai di dalam gua?

Namun, inilah yang terlihat dalam Gua Son Doong di Vietnam. Gua sepanjang 8,8 kilometer itu bahkan diperkirakan bisa memuat gedung pencakar langit setinggi 40 lantai di dalam temboknya.

Hutan dan sungai dalam gua ini memang tidak biasa. Ada fenomena yang membentuk keduanya. Hal ini bermula dari atap gua yang runtuh berabad-abad lalu. Runtuhan ini seolah membentuk ceruk dalam gua.

Runtuhan ini juga memungkinkan air hujan dan sinar matahari masuk. Inilah yang akhirnya membuat hutan hujan terbentuk di dalam gua. Tak hanya tanaman saja, hutan di dalam gua besar itu juga dihuni oleh monyet dan rubah terbang. Selain hutan, gua ini juga menghasilkan ladang ganggang di kolam kuno.

Liang ini juga menghasilkan keindahan dari mutiara yang terbentuk dari tetesan air yang menetes ke bawah, mengering, dan meninggalkan lapisan kristal kalsit pada butiran pasir.

Saat ini, gua Son Doong ini telah menjadi destinasi paling menawan di Asia Tenggara versi UNESCO.

Penulis : Resa Eka Ayu Sartika | Kompas
Diberdayakan oleh Blogger.