Header Ads

Cara Mudah Memahami Perbedaan Ekowisata dan Pariwisata Berkelanjutan

loading...
Sebelum membahas mengenai perbedaan ekowisata dan pariwisata berkelanjutan, kita akan terlebih dahulu memahami definisi dari masing-masing istilah tersebut.

Definisi Ekowisata
Ekowisata secara sederhana dapat didefinisikan sebagai perjalanan wisata yang penuh tanggungjawab ke suatu destinasi dengan tujuan untuk menkonservasi alam serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Ekowisata tidak jarang didefinisikan sebagai sub-kategori dari pariwisata berkelanjutan atau segmen yang lebih besar dari wisata berbasis alam.

Ekowisata mencakup interpretasi atau pengalaman belajar yang disampaikan kepada kelompok-kelompok kecil wisatawan oleh pengelola bisnis pariwisata berskala kecil, dan menekankan pada kepemilikan lokal, terutama bagi masyarakat pedesaan.

Apa perbedaan antara ekowisata dan wisata berbasis alam?Jika pariwisata berbasis alam hanya melakukan perjalanan ke tempat-tempat alami, ekowisata secara langsung memberikan manfaat bagi lingkungan, budaya dan ekonomi masyarakat lokal. Seorang wisatawan yang melakukan kegiatan wisata berbasis alam hanya dapat pergi mengamati burung saja, namun seorang ekoturis (orang yang melakukan ekowisata) pergi mengamati burung dengan pemandu lokal, tinggal di penginapan yang dimiliki oleh masyarakat lokal dan berkontribusi terhadap ekonomi masyarakat lokal.

Lalu bagaimana dengan perbedaan ekowisata dan pariwisata berkelanjutan?
Pariwisata berkelanjutan mencakup semua segmen industri dengan pedoman dan kriteria yang bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan, terutama penggunaan sumber daya yang tidak terbarukan.

Pariwisata berkelanjutan menggunakan standar yang terukur, dan ditujukan untuk meningkatkan kontribusi pariwisata terhadap pembangunan berkelanjutan serta pelestarian terhadap lingkungan.

Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa ekowisata merupakan suatu aktifitas pariwisata yang berupaya untuk meminimalisr dampak negatif terhadap kegiatan pariwisata, sementara pariwisata berkelanjutan merupakan suatu sistem yang kompleks, berkesinambungan serta terstandarisasi. Sehingga perbedaan ekowisata dan pariwisata berkelanjutan terletak pada ruang lingkupnya. Namun, dalam hal visi atau tujuan, ekowisata dan pariwisata berkelanjutan tidak memiliki perbedaan.

Pariwisata Berkelanjutan
  • Meminimalisir dampak terhadap lingkungan dengan menggunakan standar yang jelas, salah satunya adalah standar daya dukung (carrying capacity) suatu destinasi wisata.
  • Meningkatkan kontribusi terhadap pembangunan daerah dengan menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan.
  • Harus meminimalisir pemakaian terhadap sumber daya yang tidak terbarukan
  • Menopang kesejahteraan masyarakat setempat
  • Menekankan kepemilikan lokal
  • Mendukung upaya pelestarian lingkungan
  • Berkontribusi terhadap kelestarian keanekaragaman hayati
Penulis: Ahmad Rosyidi Syahid | Studi Pariwisata
Diberdayakan oleh Blogger.