Header Ads

Hutan Tertua di Dunia Ternyata Berasal Dari Indonesia

loading...
Saat ini perkembangan hutan semakin tergerus karena adanya penebangan illegal, pembakaran hutan, dan lain-lain. Hal ini membuat para satwa kebingungan untuk mencari tempat tinggal dan kadar oksigen yang ada di bumi berkurang.

Hutan Tertua Di Dunia - Namun, ternyata masih ada belantara yang terus bertahan dari jutaan tahun lalu hingga sekarang. Kali ini Travelingyuk akan membahas sejumlah hutan tertua di dunia dan salah satunya ada di Indonesia, lho! Kira-kira di mana saja ya?

Daintree Rainforest

Daintree Rainforest atau Taman Nasional Daintree ini merupakan hutan tertua di dunia dan terletak di Far North, Queensland, Australia. Diperkirakan, kawasan ini telah terbentuk sejak 100 hingga 180 juta tahun yang lalu. Hutan ini merupakan rumah bagi 12.000 spesies serangga, 430 spesies burung, dan 3.000 jenis tanaman baik beracun atau tidak, serta dijadikan UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Salah satu ekosistem tertua ini menjadi saksi atas perkembangan bumi dari tahun ke tahun.

Hutan Hujan Dataran Rendah Kalimantan
Dari Indonesia juga ada, tepatnya di Pulau Kalimantan dan telah ada sejak 130 sampai 140 juta tahun yang lalu. Luasnya yang mencakup tiga negara ini seperti Brunei, Malaysia, dan Indonesia, tak heran jika dijadikan sebagai hutan terbesar di Indonesia. Hutan ini juga menjadi rumah bagi 600 spesies burung, 10 spesies primata termasuk bekantan, dan lain-lain. Namun, hutan hujan dataran rendah menjadi semakin kecil dikarenakan perubahan iklim, penambangan, dan faktor-faktor lainnya.

Taman Negara Malaysia
Memiliki luas sebesar 4.343 km persegi, Taman Negara Malaysia dibuka pada tahun 1938 silam. Menjadi salah satu hutan tertua di dunia karena diperkirakan telah ada sejak 130 juta tahun yang lalu. Taman ini menampung beberapa mamalia langka seperti tenuk, harimau, gajah, selandang, dan juga 300 spesies ikan seperti ikan kelisa, kelah, dan lain-lain. Para pengunjung yang datang juga bisa menyewa bot untuk melakukan aktivitas memancing. Taman Negara Malaysia masih terjaga keasliannya karena tidak pernah terjadi bencana dan Teman Traveler akan merasakan sensasi Jurassic di tempat ini.

Hutan Hujan Amazon
Hutan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga Teman Traveler. Hutan yang berada di wilayah Amazon, Amerika ini memiliki luas seskitar 5,5 juta km persegi dan telah ada sejak 55 juta tahun yang lalu. Karena luasnya, hutan ini mencakup 9 negara yaitu Brasil, Kolombia, Peru, Amerika, Perancis, Bolivia, Ekuador, Guyana, dan Venezuela. Amazon Forest sendiri merupakan rumah bagi satwa liar, dan tanaman juga tanaman obat. Tempat ini berperan besar bagi kelangsungan hidup makhluk hidup karena menghasilkan sebanyan 30 persen oksigen di bumi.

Itulah sekian hutan tertua di dunia. Hutan di atas merupakan rumah bagi hewan dan tumbuhan, selain itu berperan besar bagi penghasil oksigen di bumi. Oleh karena itu Teman Traveler harus ikut menjaga kelestarian lingkungan ya!

Penulis: Redana Vischa | Traveling Yuk
Diberdayakan oleh Blogger.