Header Ads

7 Kebiasaan Sehat Ini Yang Dapat Menyelamatkan Bumi

loading...
PortalHijau.com - Sedikit pemikiran, aksi, dan kebiasaan manusia mempengaruhi kondisi planet bumi. Untuk itu, mulai sekarang sebaiknya Anda membiasakan diri untuk melakukan kebiasaan sehat seperti berikut ini untuk menyelamatkan planet.

Kurangi konsumsi daging 
Untuk memproduksi satu kilogram daging, ada begitu banyak emisi karbon yang dihasilkan. Seperti yang kita ketahui, emisi karbon berperan besar dalam meningkatkan pemanasan global. Jadi kurangi konsumsi daging untuk menurunkan emisi karbon sekaligus menyelamatkan planet dari pemanasan global dini.

Kurangi porsi makan 
Daripada mengambil porsi makan dalam jumlah besar namun tidak mampu menghabiskannya, sebaiknya kurangi porsi makan tersebut. Sebab mengonsumsi banyak makanan juga berarti banyak biaya yang dikeluarkan. Selain itu, membuang makanan sisa juga akan menambah sampah di dunia ini.

Banyak makan sayur dan buah 
Para ahli sering menyarankan agar kita makan banyak buah dan sayur untuk menjaga kesehatan. Namun membiasakan diri untuk melakukan hal itu ternyata juga bisa menyelamatkan planet. Sebab sering makan buah dan sayur akan mengurangi konsumsi daging yang secara tidak langsung menurunkan risiko emisi karbon.

Pilih daging organik 
Daging organik didapat dari binatang yang dikembangbiakkan secara ramah lingkungan tanpa menggunakan obat-obatan atau antibiotik tertentu. Jadi pilih daging organik jika memang Anda sulit meninggalkan konsumsi daging jika ingin menyelamatkan planet.

Beli makanan segar 
Hindari makanan yang sudah diproses atau diolah menjadi produk lain. Lebih baik membeli makanan segar yang jauh lebih menyehatkan. Sebab makanan olahan pasti membutuhkan banyak biaya dan energi. Sehingga Anda bisa berkontribusi menghemat energi tersebut melalui kebiasaan membeli makanan segar.

Hindari restoran cepat saji 
Restoran cepat saji identik dengan bungkus makanan yang terbuat dari plastik atau styrofoam yang sulit dihancurkan oleh tanah. Jadi hindari kebiasaan makan di restoran cepat saji agar Anda juga tidak termasuk orang-orang yang menambah sampah di planet ini.

Hindari penggunaan plastik
Selain menghindari restoran cepat saji, Anda juga perlu menjauhi kebiasaan menggunakan plastik di kehidupan sehari-hari. Alasannya sama, jangan menambah sampah yang sulit dicerna oleh tanah di bumi ini.

Itulah berbagai kebiasaan sehat yang menyelamatkan planet. Lakukan mulai diri sendiri, sedikit demi sedikit, sekarang juga.

Penulis: Riyandi Rahmat | Environment Indonesia
Diberdayakan oleh Blogger.