Header Ads

Melihat Lebih Dekat Gua Yang Tertutup Selama 5,5 Juta Tahun Yang Lalu

loading...
Gua Movile di Rumania hanya berjarak beberapa mil ke arah barat Laut Hitam. Namun gua tersebut tertutup selama sekitar 5,5 juta tahun. 

PortalHijau - Gua ini ditemukan pertama kali oleh manusia pada tahun 1986. Saat itu pemerintah Republik Sosialis Rumania sedang mencari tempat baru untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir.

Namun setelah memeriksa bagian dalam, pemerintah menyadari bahwa gua itu bukan tempat yang bagus untuk membangun pembangkit nuklir.

Itu sebabnya gua itu ditutup oleh otoritas Rumania dan hanya dapat diakses dengan izin khusus.

Bagian dalam gua...
Meski Gelap & Kurang Oksigen, Ternyata Ada...

Secara alami dihiasi oleh serangkaian lubang vertikal dan terowongan batu kapur yang sempit.

Selain itu, di bagian dalam gua kadar oksigennya sangat rendah, sementara kandungan karbon dioksida dan hidrogen sulfida sangat tinggi. Jadi bisa dibayangkan bahwa gua ini tidak mungkin dihuni oleh manusia.

Namun jangan salah. Meski kondisi gua yang gelap dan kurang oksigen, masih ada makhluk yang bisa hidup di gua itu.

Karena sangat gelap,...

Penghuninya...
Makhluk di dalam gua tidak memiliki mata atau pigmen. Mereka hanya mengandalkan antena dan kaki yang panjang untuk membantu bergerak di kegelapan.

Di antara 48 makhluk yang ditemukan di dalam Gua Movile terdiri dari laba-laba, kalajengking air, kalajengking katai, kelabang, lintah, dan isopoda.

Namun dari jumlah itu, 33 di antaranya adalah hewan unik yang hanya ada di Gua Movile.

Lantas bagaimana makhluk-makhluk ini bertahan hidup tanpa sinar matahari? 

Anda Bakal Heran
Ternyata mereka sebagian besar mengandalkan pada bakteri chemosynthetic, yang mendapatkan karbon dan energi mereka langsung dari reaksi kimia seperti oksidasi amonium sulfida.

Kemudian Anda mungkin heran bagaimana makhluk-makhluk ini bisa berada di dalam gua.

"Ini sangat mungkin bahwa bakteri telah ada jauh lebih lama dari lima juta tahun lalu. Tetapi serangga-serangga itu terjebak di sana sekitar lima juta tahun lalu," kata J. Colin Murrell, seorang ahli mikrobiologi dari University of East Anglia, kepada BBC Earth, "Mereka bisa saja jatuh dan terperangkap ketika batu kapur longsor, yang akhirnya menutup gua sampai ditemukan lagi pada 1986."

Penulis: Sandy Mahaputra
Diberdayakan oleh Blogger.