Header Ads

Siti Nurbaya Sangat Yakin Kebakaran Hutan Tahun Ini Tidak Akan Separah Tahun Lalu

loading...
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya optimistis tingkat kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau tahun ini tidak akan terjadi separah musim kemarau 2015.

PortalHijau - Sebab, pemerintah sudah melakukan pencegahan dini dengan melakukan berbagai wilayah hutan yang berpotensi akan terbakar.

"Yang paling penting di sini adalah kerja lapangan, patroli. Sedikit ada api langsung dimatikan," ujar Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/8/2016).

"Itu sesuai arahan Presiden dengan kerja kerja di satuan tugas baik di provinsi, kabupaten sampai ke kecamatan," kata dia.

Siti mengatakan, saat ini sejumlah titik api sudah mulai terpantau muncul di sejumlah daerah di Kalimantan Barat, Riau, dan Sumatera Selatan. Namun, karena patroli yang dilakukan, maka api bisa segera dipadamkan.

"Artinya dua hektar kebakaran langsung mati, 1 hektar mati, total sudah 30 hektar yang mati," ucap Siti.

Siti menyebutkan, sejauh ini pemerintah sudah menetapkan enam provinsi yang menjadi daerah siaga kebakaran hutan, mulai dari Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimatan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Patroli akan terus difokuskan di enam provinsi tersebut. Namun, provinsi lain juga tidak akan luput dari pantauan.

"Yang paling penting sebetulnya patroli, pemantauan langsung dan pemadamannya," kata dia.

Penulis: Didik Trio
Diberdayakan oleh Blogger.