Header Ads

Tahura Lae Kombih Merupakan Hutan Wisata dan Juga Hutan Pendidikan di Subulussalam

Buat kamu yang sedang mencari lokasi wisata di sekitaran Kota Subulussalam, Provinsi Aceh, Taman Hutan Rakyat (Tahura) Lae Kombih bisa kamu kunjungi. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata.

PortalHijau - Tahura ini memiliki nama lengkap Taman Hutan Rakyat Lae Kombih berlokasi di Desa Jontor, Kecamatan Penanggalan, merupakan ikon Kota Subulussalam sejak lahir 2007 lalu. Lokasinya berada di sekitar 15 km dari pusat ibu kota Subulussalam.

Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kota Subulussalam Sugiarno, melalui Staf Bidang Pembinaan dan Perlindungan Hutan Disbunhut Teuku Hendra Mahera, ketika dikonfirmasi GoAceh, Jumat (1/7/2016) mengatakan, Tahura dibangun tidak hanya dijadikan ikon bagi warga Subulussalam, tetapi ikon Aceh sebagai pintu masuk Provinsi Sumatera Utara menuju wilayah barat selatan Aceh.

"Tahura ini akan kita jadikan ikon Provinsi Aceh khususnya wilayah barat selatan Aceh, karena di Tahura ini ditumbuhi kayu kapur Singkil dan tempat pintu gerbang dari Sumut menuju Aceh," kata Hendra.

Tahura di Lae Kombih ini nantinya memiliki dua fungsi. Selain sebagai hutan wisata, juga merupakan tempat untuk melakukan penelitian. Berbagai jenis tanaman serta binatang dikembangkan di sekitar Tahura itu untuk keperluan penelitian.

Untuk keperluan rekreasi, di sekitar Tahura banyak objek yang bisa dikunjungi. Selain kayu kapurnya ada air terjun kedabuhan Lae Kombih dan kita melakukan Arung Jeram (rafting) di sungai Lae Kombih Desa Sikelang, Kecamatan Penanggalan.

Di bagian bawah Tahura ada sebuah tempat persinggahan pondok yang suasana di Tahura sejuk dan dingin untuk bisa kita kunjungi untuk bersantai bersama orang-orang keluarga, teman, dan mitra kerja.

Tahura Lae Kombih diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata ketika masyarakat luar berkunjung ke Bumi Sada Kata untuk bisa mengunjungi beberapa objek wisata lainnya seperti pemandian Irigasi di Desa Namo Buaya, Nantampuk Emas di Desa Lae Bersih, air terjun SKPC dan lokasi lainnya.

Penulis: Wahda
Diberdayakan oleh Blogger.