Header Ads

Kementerian ESDM Sosialisasi Hemat Energi Perlu Ditanamkan Sejak Dini

loading...
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru-baru ini melakukan sosialisasi program Konservasi Energi di Lingkungan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Ungaran 1 Kota Baru, Yogyakarta.

PortalHijau - Kegiatan yang didukung oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian ESDM tersebut bertujuan menanamkan nilai hemat energi sejak dini. Anak-anak diajarkan cara mudah menghemat energi melalui kegiatan 3M.

Langkah 3M digaungkan dalam menghemat pemakaian energi tersebut adalah:
  • M1: Mematikan lampu dan peralatan listrik lainnya jika tidak digunakan
  • M2: Mencabut kabel power listrik jika peralatannya sudah dimatikan powernya; dan
  • M3: Mengatur suhu AC di ruangan menjadi 25 C
Pemerintah melalui Kementerian ESDM sangat menyadari bahwa perubahan perilaku adalah hal yang paling mudah dan murah, tetapi sangat sulit untuk dilaksanakan. Untuk mengubah perilaku diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dan berulang.

Mengutip laman ESDM, Sabtu (23/7) Direktorat Konservasi Energi, Kementerian ESDM, Gita Lestari mengatakan bahwa Kegiatan dengan tema “Aku Hemat Energi, Kini dan Nanti” ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, 1000 siswa dari 30 Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta dan 60 guru pendamping.

Kementerian ESDM membuat acara ini sesuai dengan karakteristik anak-anak supaya mudah dipahami. Berbagai lomba seperti lomba rangking satu, lomba menggambar, dan lomba pidato dengan tema hemat energi kami adakan. Ada juga kegiatan dongeng, sulap, dan pameran yang mengangkat tema hemat energi.

Sosialisasi Konservasi Energi ke lingkungan sekolah ini sudah dimulai sejak 2012. Tahun 2016 akan diselenggarakan di 4 Provinsi di Indonesia antara lain provinsi Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta merupakan kota ketiga untuk penyelenggaraan kegatan tahun ini.

Energi merupakan komoditi strategis bagi suatu bangsa, Indonesia dikaruniai berbagai jenis sumber energi seperti minyak bumi, gas bumi dan batubara. Sumber energi terbarukan seperti matahari, angin, tenaga air, panas bumi dan biomassa juga berlimpah. Sumber energi ini mayoritas ditransformasi menjadi listrik, namun sayangnya Indonesia masih tergolong boros dalam menggunakan energi dan listrik.

Kementerian ESDM telah melakukan kajian jika sumber kekayaan yang terdapat di Indonesia dapat dimanfaatkan maka potensi penghematan energi mampu mencapai 35%. Di tambah lagi dengan kegiatan sosialisasi penggunaan energi menuju kepada gaya hidup hemat energi perlu ditumbuhkan dalam budaya masyarakat Indonesia.

Penulis: Agustinus Purba
Diberdayakan oleh Blogger.