Header Ads

Kantong Semar Si Bunga Predator

loading...
Di dunia ini, ternyata nggak hanya hewan saja lho, yang disebut karnivora. Di Indonesia, tepatnya di hutan Kalimantan, ada satu spesies tanaman pemangsa. Penasaran?

PortalHijau - Inilah bunga Kantong Semar atau dikenal dengan nama genus Nepenthes. Bunga ini bisa kita temukan di Indonesia, Republik Rakyat Tiongkok bagian selatan, Indochina, Malaysia, Filipina, India hingga Australia. Tinggi tanaman ini hampir 15-20 m. Untuk mengenalinya, kita dapat melihat sulur mirip kantong pada ujung daun. Nah, kantong inilah yang digunakan sebagai perangkap mangsa.

Makanan favorit genus Nepenthes adalah semut dan serangga. Menurut penelitian Ulrike Bauer, ahli biologi dari School of Biological Sciences Bristol University, London, kantong semar menangkap mangsanya dengan mengeringkan permukaan bunga agar para semut tertarik pada sari bunga yang dimilikinya. Begitu koloni semut berhasil masuk, kantong bunga sudah berubah menjadi licin dan semut pun terperangkap di sana.

Nah, waktu makan kantong semar adalah sore hari, karena semut banyak berkeliaran di waktu tersebut. Ngeri ya, melihat tanaman dapat memangsa hewan. Tapi, ternyata ada alasannya, lho. Kantong semar biasa hidup di habitat yang kurang nutrisi, sehingga mau tidak mau mereka harus bersikap predator untuk bertahan hidup.

Penulis: Dian Nurlizta
Diberdayakan oleh Blogger.