Header Ads

Ilmuwan Jepang Menemukan Metode Pertanian Tanpa Tanah

loading...
Lahan terbuka kini sudah semakin berkurang, dan digantikan dengan banyaknya bangunan perumahan ataupun gedung-gedung komersial. Tetapi keterbatasan lahan tidak menjadi masalah bagi seorag ilmuwan Jepang yang satu ini. Dr. Yuichi Mori adalah pakar bio medis. Tetapi berkat kepakarannya di bidangnya, penemuannya akan merubah cara bercocok tanam tanpa memerlukan lahan bahkan tanah sekalipun.

PortalHijau - Dr. Yuichi Mori berhasil menumbuhkan tanaman di atas lembaran medium semacam plastik yang digunakan untuk membungkus makanan (cling plastic). Medium tersebut didesain dari material berbasis air. Dr. Mori mengadopsi teknologi tersebut dari teknologi membran yang digunakan pada bidang medis.

Medium yang dikembangkan oleh Dr. Mori ini mampu menampung nutrisi dan air yang cukup untuk mendorong pertumbuhan tanaman hingga masa panennya. Kebutuhan airnya hanya seperlima dari pertanian konvensional dan hal ini memungkinkan menerapkan teknologi tersebut pada lahan tandus. Tidak hanya itu, dengan metode yang dinamakan Imec tersebut, tidak ada lagi bakteri atau jamur yang menyerang tanaman. Hasilnya, tanaman pangan benar-benar bersih dari pestisida ataupun fungisida.

Dengan metode yang jauh lebih sederhana dari hidroponik ini, Dr. Mori yakin bahwa perubahan cara tanam di berbagai belahan dunia akan segera berubah.

Penulis: Japantrends
Diberdayakan oleh Blogger.