Header Ads

Daur Ulang Dari Sampah Botol Plastik PET Menghasilkan Kertas Berkualitas

loading...
Sampah plastik, khususnya botol dengan klasifikasi PET, kini dengan teknologi yang lebih maju dibandingkan teknologi konvensional, bisa didaur ulang tidak hanya menjadi bijih plastik tetapi juga menjadi kertas mineral berkualitas.

PortalHijau - Teknologi yang dikembangkan oleh Ever Nava bersama sekelompok enterpreneur muda dari Meksiko melalui perusahaannya, Cronology, diklaim 15% lebih murah serta ramah lingkungan dibanding pabrik kertas konvensional karena tidak lagi membutuhkan bahan kimia ataupun air. 

Latar belakang ide Ever Adrian Nava, cofounder Cronology, untuk membuat kertas mineral adalah upayanya dalam mengurangi biaya produksi kertas dan deforestasi. Sebanyak 700.000 ton kertas diproduksi setiap tahunnya. Ever Nava menjelaskan bahwa 1 ton kertas tradisional yang diproduksi memberikan dampak bagi lingkungan selama 100 tahun. Sementara 1 ton kertas mineral bisa dibuat dari 235 kilogram bijih plastik PET dan mengurangi sampah botol plastik yang terus bertambah. 

Cofounder perusahaan Meksiko tersebut menambahkan bahwa teknologi Cronology bisa menyelamatkan 20 pohon dan menghemat 56.000 liter air per ton kertas yang diproduksi. Teknologi tersebut juga diklaim lebih murah dibanding teknologi serupa yang digunakan untuk membuat stone paper seperti yang dilakukan Spanyol dan Taiwan.

Kertas mineral memiliki kelebihan dibanding kertas tradisional. Selain lebih kuat, kertas mineral juga tahan terhadap air dan mempunyai kualitas photodegradable (dapat hancur akibat terkena cahaya matahari) serta tidak menyerap banyak tinta.

Penulis: Alpha Galileo
Diberdayakan oleh Blogger.