Header Ads

Aliansi LSM Pasaman Barat Protes!!! Limbah PT USM Mencemari Lingkungan

loading...
Sejumlah Lembaga Swa­daya Masyarakat (LSM) Kabupaten Pasaman Barat  yang tergabung dalam Aliansi LSM Pasa­man Barat, melakukan demonstrasi ke kantor Bupati, Kantor DPRD dan Kantor BLHKP setem­pat menuntut PT.Usaha Sawit Mandiri (USM) karena limbahnya sudah mencemari lingkungan sekitar.

PortalHijau - “Kami minta ketegasan dari Pemkab Pasaman Barat, tutup dan bekukan saja operasional PT.USM, karena sudah me­nyalahi aturan,” kata koor­dinator demonstrasi, Burhan Sikumbang didampingi Ketua Aliansi LSM Pasaman Barat, Helju Sepli Tauri saat mela­kukan aksi di halaman kantor bupati setempat, Kamis (30/6).

Dalam aksinya mereka me­nuntut empat poin, Pertama Agar PT.USM diberi Sanksi oleh Pemkab Pasbar atas pe­langgaran pencemaran ling­kungan Hidup.Dua, PT.USM harus memberikan ganti rugi ke pada pihak masyarakat yang terdampak akibat pencemaran limbahnya.

Tiga, mereka meminta se­ca­ra tegas agar Pemkab Pasbar me­nyurati PT.USM untuk me­laku­kan perbaikan pengelolan lim­bahnya.”Dan, ke empat, agar pem­kab  bentuk tim terpa­du ter­kait persoalan pelangaran  pen­cemaran lingkungan hidup, yang melibatkan Masyarakat, LSM dan Wartawan,” ungkap Elju.

Kalau terus dibiarkan tanpa ada tindakan atau pun sangsi tegas dari pemerintah, maka persoalan ini akan terus dan terus terjadi di bumi Pasbar,” tambahnya.

Burhan dalam orasi­nya, mengatakan Ratusan Ikan Mati mendadak di sungai batang Siduampan, hal ini di sebabkan oleh Limbah Pabrik PT.USM yang bocor.

Menurutnya, pihaknya. telah berkali- kali melakukan investigasi kelapangan tapi tetap tidak di izinkan masuk oleh pihak perusahaan.  “Malah kami di adu domba dengan buruh setempat,” tambahnya.

Sementara itu Kepala BL­HKP Pasbar, Asnal  me­nga­takan, “Akan kita kaji dan akan kita Surati PT.USM sece­pat­nya, Kalau memang menyalahi aturan nanti bisa kita bekukan,” tegasnya.

Dia mengucapkan terima kasih atas partisipasi para LSM yang telah cepat tanggap dalam menggawal problema yang terjadi di bumi mekar ini.

Dari pantauan haluan di lapangan para demonstran memulai aksinya pada jam 10.00 WIB dan berakir pada jam 02.00 WIB, dan berjalan dengan aman dan damai. (h/mg-idn)
Diberdayakan oleh Blogger.