Header Ads

Waspadai Kebakaran Hutan Wilayah Tengah Aceh

PortalHijau - Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh, Nasrol Adil, mengimbau masyarakat wilayah Utara, Barat, Singkil, Subulussalam, hingga wilayah Tengah Aceh, mewaspadai kebakaran hutan karena saat ini sudah memasuki musim kemarau.

Nasrol menyampaikan hal ini kepada Serambi di Banda Aceh, Jumat (10/6). Menurutnya, saat ini potensi pertumbuhan awan-awan konvective berkurang di wilayah Aceh. Karena itu, potensi kebakaran lahan dalam level sedang bisa terjadi di wilayah Utara, Barat, Singkil dan Subulussalam, maupun wilayah Tengah Aceh.

“Keadaan di sebagian wilayah Aceh saat ini berpotensi kebakaran. Masyarakat diimbau tidak membakar lahan, karena akan mudah menjalar ke wilayah lain,” katanya.

Nasrol mengatakan pertumbuhan awan berpeluang hujan di Banda Aceh akan berkurang hingga 50 persen dari bulan lalu. “Kalau bulan lalu curah hujan hingga 200 mm di Banda Aceh, maka bulan ini berkisar antara 60 mm hingga 80 mm berdasarkan klimatologisnya,” jelas Nasrol. 

Selain itu, katanya kondisi cuaca buruk berupa gelombang tinggi empat hingga lima meter juga dapat terjadi di wilayah perairan Barat Pulo Aceh, Barat Aceh Jaya hingga Nagan, Selatan dan Barat Daya Simeulue, serta Utara Sabang hingga Kepulauan Andaman. “Bagi nelayan dan masyarakat pesisir Barat Selatan dan Simeulue waspada terhadap gelombang tinggi,” ujarnya. (fit) Hasyim
Diberdayakan oleh Blogger.