Header Ads

Tips Mudik Ramah Lingkungan

Beberapa hari kedepan kita akan merayakan lebaran bagi umat muslim, nah biasanya kita pasti melakukan mudik lebaran bagi teman-teman yang kangen dengan sanak keluarga dikampung.

PortalHijau - Disini kita mencoba melakukan mudik lebaran dengan proses ramah lingkungan.

Berikut ini adalah tips mudik lebaran yang ramah lingkungan :

Gunakan angkutan umum
Ketimbang menggunakan kendaraan pribadi, menggunakan kendaraan umum menuju kampung halaman merupakan pilihan yang bijaksana. Menggunakan kendaraan umum akan membantu mengurangi jumlah polusi udara yang ditimbulkan dari mesin kendaraan. Jika memungkinkan, menggunakan kereta api akan lebih ramah lingkungan ketimbang menggunakan bus untuk menempuh jarak kurang dari 500 kilometer.

Periksa tekanan angin ban kendaraan
Jika Anda mudik dengan membawa kendaraan pribadi, pastikan tekanan angin pada ban kendaraan anda cukup, karena hal ini bisa menghemat bahan bakar.

Saat mengisi bahan bakar kendaraan bermotor Anda
usahakan mengisinya di pagi hari atau sore hari sehingga bahan bakar kita banyak menguap saat pengisian.

Bila berhenti untuk istirahat
karena kemacetan dan lain sebagainya, usahakan anda mematikan mesin kendaraan supaya tidak boros bahan bakar.

Bawalah selalu kantung sampah yang bisa anda gunakan saat membuang sampah dikendaran pribadi atau kendaraan umum
Jangan membuang sampah dimana-mana atau pun membuang sampah sembarangan didalam angkutan atau dijalanan.

Usahakan untuk mengurangi beli makanan jajanan saat perjalanan
karena selain kurang bersih juga kurang sehat. Lebih baik membawa makanan dari rumah. Jikalau memang terpaksa harus membeli makanan gunakan tupperware atau perlengkapan keluarga lainnya yang bisa digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman.

Hematlah pemakaian air di WC umum, pom bensin, atau tempat umum lainnya
Saat anda berhenti untuk buang air, mandi atau sholat. Jangan lupa mematikan lampu dan kran air setelah habis dipakai.

Jika anda sempat berhenti untuk belanja dan lain sebagainya
Usahakan meminimalkan pemakaian kantung plastik. Lebih baik lagi anda sudah punya tas belanja sendiri dari rumah.

Untuk urusan gadget, sering kali kehabisan baterai dalam perjalanan
Jadi untuk menghemat kapasitas baterai gadget anda, gunakan seperlunya saja atau bawa energi power saving seperti power bank dan lain sebagainya.

Hindari aktifitas rekreasi yang merusak lingkungan
Mudik tidak mungkin hanya diam di rumah sanak saudara. Kegiatan rekreasi ke berbagai destinasi wisata di kampung halaman biasanya menjadi salah satu agenda yang tidak akan dilewatkan. Cobalah untuk memilih tempat wisata yang ramah lingkungan. Biasakan pula untuk bersikap ramah lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan berjalan kaki atau menggunakan sepeda saat berkeliling lokasi wisata. Memilih penginapan yang mendukung keberlanjutan akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi lingkungan namun juga bagi perekonomian warga setempat.

Cermat dalam membeli buah tangan
Mudik tidak lengkap tanpa membawa pulang buah tangan untuk kita bawa sebagai kenang-kenangan. Namun, kalian harus memperhatikan proses pembuatan dari souvenir tersebut. Hindari membeli souvenir yang terbuat dari spesies yang hampir punah, termasuk bagian tubuh hewan, seperti gading, cangkang penyu, atau terumbu karang. Bisa jadi suvenir tersebut dibuat dengan cara yang melanggar hukum.


Semoga tips mudik lebaran ramah lingkungan ini bisa bermanfaat, karena kita turut serta juga dalam upaya pelestarian dan penyelamatan lingkungan atau kegiatan “Go Green” yang saat ini sedang gencar dilaksanakan di seluruh dunia untuk menjaga kelestarian Bumi kita tercinta.


Selamat bermudik menjelang Lebaran, tetap berhati-hati, jaga kesehatan dan keselamatan.
Diberdayakan oleh Blogger.