Header Ads

Setiap Harinya Indonesia Menghasilkan Sampah Sekitar 200 Ribu Ton

PortalHijau - Direktur pemasaran PT Sidomuncul Tbk, Irwan Hidayat, menyatakan masalah sampah plastik di Indonesia harus segera diatasi. Menurut Irwan, setiap hari Indonesia memiliki 200 ribu ton sampah yang mengancam dapat merusak lingkungan.

"Kami sadar di Indonesia, setiap hari ada 200 ribu ton sampah, yang 30 ribu ton-nya adalah sampah plastik. Tapi yang bisa diambil pemulung cuma 10 ribu ton sampah plastik," kata Irwan, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2016).

Irwan menambahkan sisa sampah plastik sebanyak 20 ribu ton tidak bisa teratasi dan akhirnya mencemari lingkungan akibat bercampur dengan limbah rumah tangga. "Padahal itu duit. Saya pernah ngitung 30 ribu ton sampah plastik itu Rp 600 miliar. Jadi sebulan bisa triliunan rupiah uang dari sampah," ujar Irwan menegaskan.

Irwan mengklaim perusahaannya turut berkontribusi memerangi sampah di Indonesia. Caranya, dengan menggaet vokalis band Kotak, Tantri Syalindri Ichlasari atau Tantri, sebagai bintang iklan produk jamu Tolaklinu.

Dalam iklan tersebut, kata Irwan, Tantri membangun kampanye tolak kantong plastik. Menurut Irwan, sebenarnya sampah plastik bisa menjadi emas apabila ditangani dengan benar. "Sampah bisa menjadi emas. Makanya, dengan Tantri, kita ingin mengajari masyarakat memilah sampah mulai dari rumah," ujar Irwan.

Menurut Irwan, dengan memilah sampah, masyarakat sebenarnya juga sedang memberi nafkah lebih banyak lagi ke para pemulung. "Jadi kalau dikasih ke pemulung bisa beramal sembari menjaga lingkungan," terang Irwan. (ful) Mustholih

Diberdayakan oleh Blogger.