Header Ads

Kabupaten Karawang Akan Membangun Hutan Kota Untuk Mengatasi Udara Panas

PortalHijau - Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Karawang dalam waktu dekat berencana akan membangun hutan kota. Hal itu dilakukan karena semakin panasnya suhu udara di Kabupaten Karawang.

Tahun depan wacana pembangunan dan pemugaran hutan kota akan segera terealisasi demi kenyamanan masyarakat Kabupaten Karawang.

Hal tersebut dibenarkan Kepala BPLH Kabupaten Karawang, Setya Darma. Menurutnya, peningkatan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Karawang harus dilakukan agar panasnya suhu udara di Kabupaten Karawang bisa terkendali.

"Kami dari BPLH saat ini sedang melakukan kajian dan telah menjajaki kerja sama dengan Perhutani terkait rencana pembangunan hutan kota," kata Setya Darma saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu 1 Juni 2016.

Setya menargetkan desain rancangan hutan kota akan rampung pada 2017 mendatang, "Saya harap bahkan sebelum masuk tahun 2017 juga sudah rampung," ujarnya.

Setya menyatakan, lokasi pembangunan hutan kota berada di tiga Kecamatan yaitu di Kecamatan Ciampel, Kecamatan Tegalwaru, dan Kecamatan Pangkalan.

Wacana pembangunan hutan kota telah bergulir sejak beberapa tahun terakhir tetapi hingga kini belum juga terealisasi meski pada 2015 BPLH Kabupaten Karawang sempat menggulirkan pembangunan hutan kota di Jalan Lingkar Warungbambu-Tanjungpura.

"Jadi dulu taman kota ini akan dibangun di tanah milik Pemkab yang sangat luas yaitu sekitar 7 hektare dan berlokasi dekat dengan Sekolah Tinggi Perikanan Karawang, tetapi meski semua sudah disiapkan tetapi rencana tersebut tak juga kunjung terealisasi," katanya.

Oleh karenanya, Setya berharap dengan rencana yang baru, semua pihak terkait bisa mendukung agar masyarakat Karawang mendapatkan manfaat dari pembangunan hutan kota tersebut.*** Mochammad Iqbal Maulud

Diberdayakan oleh Blogger.