Header Ads

Greenpeace: Akses Pengelolaan Data Lahan Gambut Buruk, Kebakaran Lahan Gambut Sulit Diatasi

loading...
PortalHijau - Juru Kampanye Hutan Greenpeace Indonesia, Teguh Surya mengatakan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di sejumlah tempat di Indonesia, antara lain akibat buruknya pengelolaan lahan gambut.

Oleh karena itu, Greenpeace meminta pemerintah dapat membuka data penting terkait hutan Indonesia agar dapat diawasi oleh berbagai anggota masyarakat.

"Kebakaran hutan dan lahan gambut seperti ini tidak terjadi tanpa sebab. Api ini dipicu oleh pengelolaan lahan yang buruk, perambahan hutan dan pengeringan lahan gambut," kata Teguh dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Teguh menegaskan bahwa perlindungan lahan gambut sangat penting untuk mencegah kebakaran, sama pentingnya dengan mencegah perambahan hutan. Namun saat ini, lanjutnya, akses informasi peta yang menunjukkan kawasan konsesi, tutupan hutan, dan kedalaman lahan gambut masih tertutup untuk publik.

"Publik memiliki hak atas informasi yang dapat membantu pencegahan kebakaran hutan dengan cara memantau secara langsung atau tidak langsung atas deforestasi dan pemberian izin konsesi," katanya.

Menurut dia, akses informasi peta yang terbuka memungkinkan lembaga penegak hukum dan masyarakat untuk memantau kawasan yang rentan terbakar, dan melakukan aksi pencegahan termasuk mendorong penegakan hukum yang lebih terbuka. Arby Antara
Diberdayakan oleh Blogger.