Header Ads

Di Singapura Ada Air Terjun Indoor Tertinggi Di Dunia

loading...
Soal teknologi ramah lingkungan, Singapura patut diacungi jempol. Salah satu buktinya adalah air terjun indoor tertinggi di dunia dalam Garden by The Bay.

PortalHijau - Selain modern, pemerintah Singapura memang punya impian untuk menjadikan negaranya ramah lingkungan. Pernyataan itu pun diwujudkan dengan dibuatnya kawasan Garden by The Bay di tahun 2012.

Secara fungsi, kawasan wisata Garden by The Bay menjadi lokasi pembibitan aneka tumbuhan di dunia sekaligus pusat riset. Bayangkan saja, di dalam konservatoriumnya tersimpan beragam bunga dan tumbuhan yang merupakan endemik dari aneka wilayah di dunia.

Atas undangan dari pihak Singapore Tourism Board, detikTravel sempat mampir ke Garden by The Bay pada hari Rabu pekan lalu (8/6/2016). Sejujurnya, perhatian saya tertuju pada sebuah air terjun buatan yang ada di dalam Garden by The Bay.

Setelah membayar tiket masuk dua konservatorium seharga SGD 28 (Rp 276 ribu), saya pun masuk ke Cloud Forest yang merupakan satu dari dua dome konservatorium di Garden by The Bay.

Selain menyimpan aneka bunga dan tumbuhan dari sejumlah negara tropis, Cloud Forest juga menyimpan air terjun indoor tertinggi di dunia setinggi 35 meter.

Ketika saya melangkahkan kaki ke dalam area Cloud Forest, nuansa sejuk yang disertai dengan bulir-bulir air langsung saya rasakan. Persis di depan pintu masuk, tampak jelas air terjun indoor yang hijau dan sejuk.

Saking derasnya, air terjun yang jatuh ke bagian bawah Cloud Forest bertransformasi menjadi bulir-bulir air yang menyebar ke seisi konservatorium. Menurut pemandu saya, Augustar, air tersebut diambil dari waduk atau waterfront yang berada tidak jauh dari Garden by The Bay.

"Itu air terjun airnya diambil dari waduk di sana, atau disebut juga waterfront. Waduk itu juga tempat penampungan air untuk konsumsi air minum Singapura," terang Augustar.

Air terjun itu pun jatuh dari sejumlah paralon yang ada di bagian atas air terjun buatan lengkap dengan tumbuhan hijau di sekelilingnya yang menyerupai sebuah gunung kecil. Benar-benar luar biasa.

Faktanya, Garden by The Bay dibangun di atas tanah reklamasi. Rasanya sungguh luar biasa ketika pihak pemerintah Singapura dapat membuat air terjun indoor setinggi 35 meter beserta dua buah konservatorium yang dapat menampung aneka flora dan tumbuhan dari penjuru dunia.

Apabila penasaran, datang saja langsung ke Flower Dome di Garden by The Bay. Dijamin Anda akan dibuat kagum oleh air terjun indoor tersebut. Johanes Randy Prakoso
Diberdayakan oleh Blogger.