Header Ads

Bombastis, Anggaran Pengelolaan Tempat Pengelolaan Sampah Mencapai Rp. 26 Miliar

loading...
Anggaran tempat pembuangan akhir (TPA) dengan sistem sanitary landfill di Desa Gunung Maddah, Kecamatan Kota Sampang, Madura, Jawa Timur cukup bombastis hingga mencapai Rp26 miliar dari dana APBN 2016.

Pihak legislatif pun melakukan pengawasan ketat terhadap mega proyek itu. “Terus kita pantau, seperti apa pekerjaan proyek itu,” terang Wakil Ketua Komisi III DPRD Sampang, Aulia Rahman, Jumat (17/6/2016).

Meski belum terindikasi hal-hal yang tidak diinginkan, namun pihaknya merasa mempunyai kewajiban melakukan pengawasan maksimal agar manfaat uang negara yang dicanangkan sebagai solusi numpuknya sampah di kota Sampang dapat dirasakan oleh rakyat.

“Akan kami kawal, karena pembangunannya memang bisa dikatakan maha karya dan untuk memecah permasalahan sampah Sampang,” ujarnya.

Dana yang digelontorkan pemerintah pusat senilai Rp26 miliar itu, juga untuk pembangunan Jembatan Timbang.

“Untuk pembangunan Sanitary Landfill sebesar Rp20 miliar, dan Rp6 miliar untuk pembangunan jembatan timbang,” imbuh Kabid Kebersihan dan Persampahan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sampang, Achmad Syarifuddinnya.

Sanitary landfill merupakan sistem pembuangan akhir sampah yang dilakukan dengan cara, sampah ditimbun di TPA yang sudah disiapkan sebelumnya dan telah memenuhi syarat teknis.

Lalu, dipadatkan dengan menggunakan alat berat seperti buldozer maupun track loader, kemudian ditutup dengan tanah sebagai lapisan penutup setiap hari pada setiap akhir kegiatan.(lora/har) Portal Madura
Diberdayakan oleh Blogger.