Header Ads

Mapala Uhamka Melakukan Penelitian Keanekaragaman Hayati di Hutan Kota Jakarta

Acara yang bertemakan BIODIVERSITAS HUTAN KOTA ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 29 sampai 30 April 2016.

PortalHijau - Dihari pertama berlangsung acara Campus Go Green, seminar tentang keanekaragaman hayati (biodiversitas) dan pengamatan keanekaragaman hayati di Hutan Kota Kopassus.

Lalu dihari kedua acara kreasi kaos tie dye dan Pengamatan keanekaragaman hayati di Hutan Kota Dukuh pada tanggal 29 April – 30 April 2016. 

Rangkaian acara yang dilakukan seperti Campus Go Green, Pengamatan keanekaragaman hayati (biodiversitas) di Hutan Kota Kopassus Cijantung dilaksanakan di hari pertama.

Campus Go Green yang diselenggarakan di Kampus B FKIP UHAMKA ini adalah dengan cara mematikan kendaraan bermotor para mahasiswa / mahasiswi UHAMKA dan dosen UHAMKA. Serta yang mengendarai sepeda ke kampus juga bagian dari acara Campus Go Green.

Persiapan yang dilakukan untuk pengamatan seperti alat – alat binokuler / teropong, buku tentang keanekaragaman hayati (biodiversitas), dan kamera untuk mendokumentasikan hasil pengamatan yang dilihat. Tidak lupa juga alat tulis dan buku tulis untuk mencatat hasil pengamatan yang didapat.

Sebelum para peserta menuju ke Hutan Kota Kopassus, Para peserta diberi pengetahuan dan pengarahan tentang keanekaragaman hayati (biodiversitas) Hutan Kota.

Pengetahuan yang disampaikan oleh 3 pemateri ditujukan bagi peserta seminar agar lebih dapat memahami pengetahuan tentang Biodiversitas Hutan Kota cara menggunakan binokuler / teropong tersebut.

Dirasa cukup untuk pengarahan awal, peserta pun mulai pergi menuju lokasi Hutan Kota Kopassus. Di Hutan Kota Kopassus para peserta mengamati keanekaragaman hayati yang ada disana.

Setelah mengamati para peserta pun berhasil menemukan beberapajenis hewan yang ada di Hutan Kota Kopassus seperti jenis burung, seperti Emprie (lonchura sp), Prenjak (prinia sp), Bondol (lanchura sp) dan Kutilang (pycnonotus surigaster).

Sedangkan jenis-jenis hewan lainnya seperti Kadal (mabuia sp), Tikus (raffus sp), dan beberapa jenis serangga meliputi Kupu kuning, Belalang, Kalajengking dan berbagai jenis lainnya.

Setelah dari pagi acara seminar dan workshop di Hutan Kota Kopassus pun selesai Hari kedua acara seminar dan workshop keanekaragaman hayati (biodiversitas) Hutan Kota Dukuh dilaksanakan.

Peserta mulai registrasi ulang pukul 8 pagi, Antusias peserta pun masih sangat tinggiuntuk mengetahui keanekaragaman hayati yang ada di Hutan Kota Dukuh.

Kegiatan yang dilakukan adalah kreasi kaos tie dye. Kreasi kaos ini peserta menyiapkan kaos putih polos. Panitia menyiapkan pewarna pakaian, air, serta karet gelang.

Pemanfaatan kaos bekas yang masih bisa dipakai adalah salah satu carauntuk mendaur ulang kembali pakaian yang sebelumnya tidak terpakai menjadi dapat dipakai kembalidengan kreasi sendiriyang indah.

Selesai acara kreasi kaos tie dye, dilanjutkan kembali pengamatan keanekaragaman hayati yang ada di Hutan Kota Dukuh.

Para peserta berhasil menemukan beberapa jenis hewan yang ada ada seperti Kutilang (pycnonotus surigaster) ,Tikus (raffus sp) dan lainnya.

Setelah selesai mencatat hasil pengamatan, sharing bersama dua pendamping dan pemateri dilakukan. Saling berbagi dan bertukar informasi tentang daftar keanekaragaman hayati yang didapat setiap kelompok.

Lalu kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh pemateri, peserta, dan panitia. Menanam berbagai jenis pohon di Hutan Kota Dukuh guna tetap menjaga dan menambah koleksi jenis pohon yang ada disana. Lokasi kegiatan yang dilakukan ada tiga tempat.

Pertama Seminar BIODIVERSITAS di Kampus B FKIP Pasar Rebo, Tempat kedua di Hutan Kota Kopassus dan tempat ketiga di Hutan Kota Dukuh Jakarta Timur.

Tempat tersebut dipilih karena ingin lebih mengetahui keanekaragaman hayati yang ada disekitaran Hutan Kota khususnya di wilayah Jakarta Timur.

Setelah mengetahui macam-macam kenaekaragaman hayati yang terdapat disana, masyarakat pun diharapkan dapat lebih peduli untuk menjaga keanekaragaman hayati yang ada disekitarnya. 

Pemateri yang ditampilkan sangat berkompetensi di bidangnya, Pemateri pertama yaitu Ahmad Baihaqi. Beliau adalah alumni mahasiswa Fakultas Biologi di Universitas Nasional, Beliau juga seorang aktivis lingkungan hidup khususnya pada bidang Biodiversitas.

Pemateri kedua yaitu Agus P.Darma, Beliau adalah seoarang dosen Biologi di Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka (UHAMKA) tengah melanjutkan S2 nya di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pemateri ketiga yaitu Fadlik Al-Iman, Beliau adalah seorang aktivis lingkungan hidup. Pemateri keempat yaitu Dewi Ayu Anindita. Beliau adalah seorang mahasiswi Fakultas Biologi di Universitas Nasional dan juga sebagai aktivis di komunitas Burung.

Kegiatan ini juga diikuti mahasiswa dan mahasiswi UHAMKA dari berbagai fakultas. Seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Kesehatan, Geografi, Fakultas Gizi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Karena ilmu keanekaragaman hayati dapat dipelajari dari berbagai latar belakang setiap orang, Maka antusias kegiatan ini sangat menarik perhatian peserta.

Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi stimulus bagi para pemuda khususnya, untuk lebih dapat mengetahui keanekargaman hayati yang ada di Hutan Kota. Sehingga dapat peduli dengan alam sekitar, Salam. - MapalaPTM
Diberdayakan oleh Blogger.