Header Ads

Kerusakan Hutan Akan Mendatangkan Bencana

PortalHijau - Bencana alam yang terus melanda Kabupaten Lebong beberapa minggu belakangan ini mulai dari banjir, tanah longsor yang terjadi di beberapa wilayah dalam Kabupaten Lebong salah satunya disebabkan karena kerusakan hutan yang terjadi. Hal ini mestinya ditangani serius oleh Pemkab Lebong guna mengantisipasi terjadinya bencana susulan.

Direktur Yayasan Nuansa Alam Lestari (NAL) Kabupaten Lebong, Devi Gunawan mengharapkan, untuk melakukan pencegahan terhadap aksi pengerusakan hutan harus ada upaya serius dari pihak terkait, apalagi mayoritas penyebab dari maraknya pengerusakan hutan ini lebih karena faktor kebutuhan hidup.

“Mestinya harus ada upaya yang bijak untuk mengantisipasi persoalan-persoalan seperti ini. Kerusakan hutan memang disebabkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, terkadang alasan mereka sangat sederhana yakni untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga,” ungkapnya.

Meskipun demikian, Yayasa  NAL sendiri tidak membenarkan ulah pembalakkan liar yang merusak kelestarian hutan yang ada di Kabupaten Lebong. Devi meminta dinas terkait dan penegak hukum untuk memberantas tindak illegal logging yang terjadi di kawasan hutan dalam Kabupaten Lebong.

“Tidak ada pembenaran untuk illegal logging dan ini harus ditindak sesuai dengan aturan yang ada. Dan kita juga meminta Dinas Kehutanan agar benar-benar teliti dalam mengeluarkan izin penebangan kayu rakyat (IPKR) agar dapat menjaga kelestarian hutan di Kabupaten Lebong.

Kita berharap upaya pemberantasan tindak illegal logging ini terus dilakukan termasuk juga upaya pelestarian kawasan hutan yang ada di Lebong ini,” singkatnya. (777)
Diberdayakan oleh Blogger.