Header Ads

University of the West of England Menciptakan Prototip Toilet Mengubah Air Urin Menjadi Listrik

loading...
Teknologi Hijau - Bagi orang awam urin adalah cairan yang dikeluarkan tubuh untuk membuang sisa-sisa metabolisme. Namun bagi para ilmuwan, urin adalah sumber daya yang mempunyai banyak potensi untuk dimanfaatkan kembali, baik menjadi bahan baku baterai isi ulang atau menjadikannya air bersih dan energi.

Sebuah perguruan tinggi di Inggris, dalam visi yang sama, juga memanfaatkan sumber daya yang melimpah tersebut. University of the West of England (UWE Bristol), telah membangun sebuah prototip toilet yang mengubah langsung urin menjadi listrik.

Menggunakan teknologi yang lazim digunakan untuk jenis bahan bakunya, sel tunam mikroba dianggap lebih mudah diaplikasikan. Dengan harga satu sel tunam mikroba sebesar $150, maka untuk membangun prototip yang sama hanya dibutuhkan $$900. Sementara secara teori teknologi ini berumur panjang dibanding teknologi lainnya.

Berdasar prototip pertamanya dimana listrik yang dihasilkannya digunakan untuk mengisi ulang telepon seluler, prototip terakhirnya kini dimanfaatkan untuk kemaslahatan lebih banyak orang. Menurut Profesor Ioannis Ieropoulos, ketua tim riset UWE Bristol, prototip yang dikembangkannya akan dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik bagi perkemahan pengungsi. Planet Hijau
Diberdayakan oleh Blogger.