Header Ads

Menteri Perindustrian Saleh Husin Optimis Percepat Pembangunan Industri Hijau di Indonesia

loading...
PortalHijau - Kementerian Perindustrian optimistis mampu mempercepat pembangunan industri hijau untuk seluruh sektor di Indonesia. Hal ini karena kesadaran pelaku industri nasional terhadap efektivitas produksi dan kepedulian lingkungan terus meningkat. Saat ini, menurut Sekjen Kementerian Perindustrian, Syarif Hidayat, kalangan perusahaan industri sedang meningkatkan kinerja perusahaan di bidang lingkungan dan sosial.

Menurut Syarif, pelaku industri nasional mulai beralih dari pendekatan yang sekadar mengejar profit, menuju ke sistem produksi yang lebih terintegrasi dan efisienserta berkelanjutan. “Penerapan prinsip efisiensi produksi dan peningkatan efektivitas penggunaan sumber daya alam itu disebut industri hijau,” tegasnya.

Sebagai bentuk keseriusan terhadap pengembangan industri hijau, Kemenperin telah menuangkan prinsip tersebut ke dalam Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian khususnya pada Pasal 77-83.

“Secara khusus, dalam pasal itu disebutkan bahwa untuk mewujudkan industri hijau secara menyeluruh, pemerintah perlu melakukan beberapa upaya strategis diantaranya melalui perumusan iklim kebijakan yang mendukung dan pemberian fasilitas,” paparnya.

Di samping itu, Kemenperin secara rutin menyelenggarakan Penghargaan Industri Hijau sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap upaya pelaku industri nasional yang telah menerapkan prinsip industri hijau dalam proses produksinya.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menyampaikan dengan adanya penghargaan industri hijau tersebut, dapat mendorong industri nasional untuk terus kompetitif dan meningkatkan kontribusinyaterhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Hal ini akan mewujudkan kemandirian ekonomi nasional dengan menggerakkan berbagai peran sektor manufaktur sesuai dengan agenda prioritas pembangunan dalam Nawa Cita.

Kegiatan penghargaan industri hijau dapat dijadikan media dalam memperkenalkan kebijakan industri hijau kepada pelaku industri. Selain itu, diharapkan perusahaan industri dapat mulai melakukan sinkronisasi kebijakan perusahaan dengan prinsip industri hijau sebagai tahapan awal menuju penerapan Standar Industri Hijau melalui skema sertifikasi industri hijau. (awp)
Diberdayakan oleh Blogger.