Header Ads

Direktur Jendral Pengelolaan Hutan Produksi Lestari KLHK Resmikan Kantor Restorasi Ekosistem Riau

loading...

Berlokasi di Komplek Perkantoran PT RAPP Pangkalan Kerinci,Kantor Reskorasi Ekosistem Riau diresmikan Dirjen PHPL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

PortalHijau - Direktur Jendral Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dr Ir Ida Bagus Putera Parthama mengatakan restorasi ekosistem dapat menjaga keseimbangan alam. Hal tersebut dikatakannya saat meresmikan kantor Restorasi Ekosistem Riau (RER), Senin (25/4) di Gedung Rukan Akasia Blok III nomor 1 Komplek PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Pangkalan Kerinci.

Dalam kata sambutannya, Ida sangat apresiasi dengan program yang telah diluncurkan oleh APRIL bersama PT Gemilang Cipta Nusantara (GCN) pada tahun 2013 ini. Menurutnya, langkah ini merupakan komitmen perusahaan yang luar biasa untuk melakukan restorasi hutan yang ada di Riau. Ia percaya jika program RER dijalankan dengan serius, hutan yang asri di bumi Melayu bukan hanya sekedar mimpi.

“RER adalah salah satu upaya dalam menjaga keseimbangan alam. Kami dari PHPL sangat mengapresiasi dengan baik dan semoga program ini bisa ditingkatkan dan pastinya mengembalikan fungsi hutan seperti sediakala. Kami sangat mendukung penuh apa yang telah ditaja oleh RAPP untuk menjaga kelestarian ekosistem yang sangat mulia sehingga kita patut berkolaborasi,” tuturnya.

Direktur Konservasi, Dr Petrus Gunarso menjelaskan RER merupakan sebuah upaya dari RAPP untuk menyelamatkan ekosistem hutan. Tugas mengembalikan fungsi hutan seperti semula bukanlah hal yang mudah, tetapi ia percaya dengan dukungan dari pemerintah, perusahaan dan masyarakat, hal tersebut dapat terwujud.

“Konsep one to one menjadi penting dimana setiap untuk 1 hektar area hutan tamanan untuk 1 hektar konservasi. APRIL dan GCN telah mengambil langkah kedepan untuk menjaga bumi, khususnya hutan,” katanya.

Ia menambahkan, program ini sesuai dengan filosofi 4C milik RAPP, yang berarti baik untuk masyarakat (Community), baik untuk Negara atau Daerah (Country), baik untuk iklim atau lingkungan (Climate) dan baik untuk perusahaan (Company).

Sementara itu, peresmian kantor RER ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pita oleh Ida Bagus Putera Parthama yang disaksikan RER Advisor, Made Gelgel, Direktur RAPP Rudi Fajar dan manajemen. Selain meresmikan Kantor RER, sebelumnya Ida dan rombongan PHPL juga berkesempatan mengunjungi RGE Technology Center (RTC) dan mendapatkan penjelasan mengenai system produksi pulp dan kertas ramah lingkungan yang ditera[kan RAPP mulai dari pra produksi sampai pasca produksi.***(rls - Riau Terkini)

Keterangan foto:
1. Dirjen PHPL Dr Ir Ida Bagus Putera Parthama memotong pita sebagai tanda diresmikannya kantor Restorasi Ekosistem Riau (RER) yang disaksikan RER Advisor, Made Gelgel, Direktur RAPP Rudi Fajar dan manajemen. Ia mengatakan Program RER tersebut dapat menjaga keseimbangan alam.

2. Dirjen PHPL Dr Ir Ida Bagus Putera Parthama mendapatkan penjelasan manajemen RAPP terkait wilayah konservasi milik RAPP di Kantor RER, Senin (25/4). Selain meresmikan Kantor RER, sebelumnya Ida dan rombongan PHPL juga berkesempatan mengunjungi RGE Technology Center (RTC) RAPP.
Diberdayakan oleh Blogger.