Header Ads

Pertanian Merupakan Basis Utama Dalam Pembangunan

loading...
PortalHijau.com - Pengamat masalah pertanian Gede Sedana menilai  sektor pertanian menjadi basis utama sekaligus muara dari seluruh aspek kegiatan pembangunan dengan dimensi sumber daya manusia (petani).

"Namun demikian banyak pendapat yang menyatakan bahwa pembangunan saat ini belum mampu mengangkat kesejahteraan petani seperti yang diharapkan oleh para petani dan keluarganya," kata Gede Sedana yang juga Dekan Fakultas Pertanian Universitas Dwijendera Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan, salah satu indikasi tidak ada cita-cita keluarga petani untuk menjadi petani karena nilai tukar petani (NTP) yang tidak seimbang dengan kegiatan ekonomi nonpertanian.

Demikian juga tantangan ke depan semakin menyusutnya lahan-lahan pertanian akibat pesatnya pertumbuhan ekonomi. Padahal, penduduk yang berkecimpung dalam sektor pertanian masih relatif tinggi dan potensi pengembangan lahan-lahan pertanian yakni tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan sangat baik seiring dengan perbaikan teknologi pertanian.

Oleh sebab itu kini dibutuhkan terobosan baru dalam membangun sektor pertanian, khususnya yang berkenaan dengan meningkatkan kesejahteraan petani.

Gede Sedana menjelaskan, salah satu langkah jitu dalam menangani masalah pertanian dengan meningkatkan daya saing petani sekaligus jaminan pendapatan yang memadai, jaminan keterkaitan usaha dengan sektor kegiatan ekonomi di luar pertanian.

Selain itu mampu jaminan kelangsungan usaha, sehingga mampu mewujudkan pembangunan pertanian yang berkelanjutan.

Pengembangan pembangunan bidang pertanian memerlukan adanya perubahan paradigma yakni dengan menempatkan pembangunan pertanian sebagai basis utama sekaligus sebagai muara dari seluruh aspek kegiatan pembangunan, ujar Gede Sedana.
Diberdayakan oleh Blogger.