Header Ads

Pemprov Bali Terus Genjot Pertumbuhan Sektor Pertanian

loading...
PortalHijau.Com - Sektor pertanian sebagai salah satu sektor penting bagi kehidupan, merupakan prioritas pembangunan Pemprov Bali untuk terus ditumbuhkan dan dikembangkan dalam menjaga keselarasan kehidupan di bidang ekonomi. Sehingga, untuk mendukung peningkatan pertumbuhan sektor pertanian tersebut, pihak Pemprov Bali terus menggenjot realisasi bantuan berupa 4 komponen yang dianggap sebagai penentu, yakni peningkatan infrastruktur; sarana prasarana produksi; sumber daya manusia, dan modal.

"Pembangunan infrastruktur harus disesuaikan dengan letak geografis lahan pertanian yang dikelola, seperti di daerah yang berlokasi di kaki gunung dan terkendala kurangnya air akan di bantu mesin pompa air dan selang," jelas Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, di Denpasar, Senin (28/12).

Ditambahkan Wagub Sudikerta, jika 4 komponen tersebut secara serius dibangun akan signifikan membantu peningkatan produksi hasil pertanian.

"Dari segi sarana prasarana produksi yang menentukan banyak-sedikitnya dan bagus-jeleknya hasil produk, akan dibantu bibit unggul serta pupuk. Tidak hanya itu, sumber daya manusia yang mengelola pun menentukan keberhasilan pertanian," papar Sudikerta.

Infrastruktur dan bibit yang bagus, tambah Sudikerta, tidak akan berhasil tanpa pengelola yang memiliki wawasan terhadap pertanian, untuk itu bagi anggota kelompok tani yang bersedia akan diikutkan pelatihan di luar Bali yang juga memproduksi produk pertanian yang sama.

Ia juga meminta peningkatan ketrampilan petani harus dilakukan secara merata, sehingga satu kawasan dengan produk yang sama bisa berhasil. Teori yang didapatkan dalam pelatihan terkadang tidak sama dengan fakta di lapangan, untuk itu sharing pengalaman antar sesama sebagai perbandingan menurut Sudikerta juga sangat penting.

"Melalui berbagai bantuan permodalan yang digelontorkan oleh Pemprov, juga diharapkan dapat membantu petani dalam memajukan pertanian,"katanya.

Sudikerta juga menjelaskan pentingnya asuransi pertanian yang akan membantu para petani menalangi kerugian akibat gagal panen.

"Jika pertumbuhan sektor pertanian tidak bisa ditingkatkan, maka pemenuhan kebutuhan-kebutuhan hidup tidak akan tercukupi," pungkasnya. Sukiswanti
Diberdayakan oleh Blogger.