Header Ads

Peluang Bisnis Beras Hitam

loading...
PortalHijau.com - Beras hitam dapat berfungsi sebagai obat dan bahan pangan. Kadar vitamin, mikroelemen dan asam amino dari beras hitam lebih tinggi daripada beras biasa. Riset menunjukkan, warna beras semakin gelap, pigmen antipenuaan di lapisan luar beras semakin menonjol. Oleh karena itu, beras hitam merupakan beras yang paling kaya pigmen dibanding beras jenis lain. Zat kalium dan magnesium dalam beras hitam bermanfaat  mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko terserang penyakit pembuluh darah otak dan jantung.

Beras hitam bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas), mengeluarkan racun (detoksifikasi), menyeimbangkan sistem metabolisme, dan juga mempunyai aroma dan rasa yang lezat. Selain itu, beras hitam juga dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit seperti leukemia, diabetes, kegemukan, kanker, kolesterol, maag, asma, ginjal, hipatitis, anemia, masalah pencernaan, penuaan dini, alergi makanan, masalah kewanitaan dan lain sebagainya.

Dari aspek bisnis budidaya beras merah lebih menguntungkan dibandingkan beras biasa. Selain pasar masih terbuka lebar, harga jual beras hitam juga cukup tinggi, bahkan bisa dua kali lipat harga beras biasa. Cara budidaya padi hitam juga tidak jauh berbeda dengan beras biasa. Benih padi hitam bisa diperoleh di beberapa petani atau pedagang yang menjual benih ini. Di daerah Yogyakarta para petani mengembangkan benih varietas Cempo Ireng.

Pengolahan tanah, penebaran benih, penanaman serta pemupukan tidak berbeda dengan padi biasa. Yang membedakan hanya umur tanam, kalau padi biasa rata-rata bisa panen umur 90 hari maka padi hitam baru bisa panen pada umur 120 hingga 140 hari. Selain itu, bulir padi hitam juga lebih sedikit dibandingkan padi biasa. Agar kualitas beras hitam tetap terjaga maka penggilingan padi hitam sebaiknya hanya pecah kulit saja, bisa diulang sebanyak tiga kali.  

Sumber : tabloidsahabatpetani



Diberdayakan oleh Blogger.