Header Ads

Lahan Produksi Padi Berubah Fungsi Menjadi Kawasan Sawit

loading...
Akibat beralih fungsinya lahan persawahan di Bukitbatu, produksi padi Bengkalis dikhawatirkan akan terus berkurang. Pemerintah diminta segera mengambil tindakan antisipasi.

PortalHijau.com - Anggota DPRD Bengkalis Azmi Rozali mengaku prihatin terhadap kondisi lahan pertanian padi di Kabupaten Bengkalis. Saat ini dihadapi dua persoalan sangat penting yang harus segera diambil langkah tepat.

Seperti yang terjadi terhadap lahan pertanian di Kecamatan Bukitbatu, selain ancaman abrasi kondisi riil di lapangan terjadi program pengalihan fungsi lahan sebelumnya merupakan tanaman untuk padi, tapi perlahan-lahan beralih fungsi menjadi kelapa sawit yang dilakukan oleh para pemilik lahan.

Hal tersebut terungkap ketika tiga periode Anggota DPRD Bengkalis ini menggelar reses dengan masyarakat Desa Sepahat, Tenggayun, Api-api dan Parit I, Ahad (20/12/15) lalu di Desa Sepahat.

Terkait persoalan ini, Azmi berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis segera mengambil sikap untuk mengantisipasi dengan mencari berbagai solusi, agar produksi padi di Kecamatan Bukitbatu tidak mengalami kekurangan beras.

Selain itu, agar kualitas pembangunan, terutama jalan, jembatan dan bangunan gedung pelayanan kesehatan maupun gedung pelayanan pendidikan, di Kecamatan Bukitbatu, ditingkatkan sedemikian rupa sehingga masa pakainya dapat bertahan lebih dari sepuluh tahun.

"Seperti masyarakat Desa Api-api dan Parit I meminta, agar 1.000 hektar lahan pertanian padi yang terdapat di desa tersebut diselamatkan dari ancaman abrasi pantai karena kondisi di bibir pantai desa tersebut sudah semakin mencemaskan, dimana jika tidak dilakukan tindakan pencegahan niscaya akan mengakibatkan semakin berkurangnya lahan pertanian padi," ungkap Azmi dalam releasenya.

Anggota DPRD Bengkalis Dapil Bukitbatu ini menambahkan, persoalan nyata yang terjadi di Kabupaten Bengkalis dalam bidang pertanian lainnya adalah lahan pertanian masyarakat yang dulunya hanya berisi padi, sekarang sudah ditanami pohon kelapa sawit.

"Tentu saja persoalan ini akan mengancam produksi padi terus berkurang. Pemerintah perlu membebaskan lahan dengan cara membeli dari pemiliknya, dan membuat keputusan atau kebijakan yang melarang siapa pun yang mengalihkan lahan yang dipergunakan untuk menanam padi menjadi tanaman sawit," imbuhnya.***(dik)
Diberdayakan oleh Blogger.