Header Ads

Kota Kamikatsu di Jepang Terkenal Dengan Sebutan Zero Waste Town

loading...
PortalHijau.Com - Kota Kamikatsu di Jepang terkenal dengan sebutan Zero Waste Town. Bebas sampah di sini dalam artian mereka mendaur ulang semua sampah yang mereka buang.

Sampah yang mereka daur ulang seperti: kaleng aluminium, kaleng baja, kaleng spray, botol, kaleng minuman soda. Kemudian mereka memisahkan sampah dengan 34 macam kategori. Kategori itu salah satunya adalah kardus, koran, kertas karton, brosur, majalah, dan masih banyak lagi.

Semua sampah yang dikumpulkan akan dimasukkan ke dalam sebuah kantong plastik yang besar dan dipisahkan sesuai dengan kategorinya.

Sebelumnya Kota Kamikatsu membuka sebuah program incineration. Incineration adalah metode penghancuran sampah dengan cara pembakaran dengan sistem yang terkontrol dan terisolir dari lingkungan sekitar.

Program tersebut dinilai masyarakat sekitar menghancurkan lingkungan dan kesehatan diri mereka. Akhirnya masyarakat kota Kamikatsu sepakat untuk membuat program Zero Waste Town.

Program ini dimulai sejak tahun 2003 yang dimana pada akhirnya 80% dari sampah kota tersebut didaur ulang, dipakai ulang, dibiodegrasikan. Dengan target pada tahun 2020 kota Kamikatsu ini adalah kota yang bebas sampah dan semua masyarakat di sana mendukung untuk menjadi kota yang bebas sampah. (Vellycia Njoko)
Diberdayakan oleh Blogger.