Header Ads

Kolibri Lebah Merupakan Jenis Unggas Burung Paling Kecil di Dunia

loading...
PortalHijau.com - Kuba memiliki beberapa jenis burung endemik yang unik, misalnya kolibri lebah/bee hummingbird (Mellisuga helenae).


Postur tubuhnya sangat mungil, bahkan termasuk burung paling kecil di dunia.

Meski tubuhnya mungil, kolibri lebah ternyata mempunyai nyali yang bagus dengan suara yang kencang.

Burung kolibri / hummingbird memang memiliki ukuran tubuh paling kecil daripada spesies burung lainnya. Bahkan kolibri lebaj merupakan spesies burung terkecil di dunia.

Sebagian besar burung kolibri memiliki  panjang tubuh 7 – 13 cm, tergantung spesiesnya. Tetapi kolibri lebah, atau dalam bahasa lokal disebut el zunzuncito, hanya memiliki panjang tubuh sekitar 5 cm. Selain termasuk burung terkecil di dunia, telur kolibri lebah juga paling kecil di antara telur unggas lainnya.

Meski bertubuh mungil, kolibri lebah memiliki nyali yang bagus, bahkan bisa sangat agresif terhadap jenis burung lain yang berukuran lebih besar.

Burung dari keluarga Trochilidae ini juga mempunyai beberapa keunikan yang tidak bisa ditemukan pada burung lainnya. Keunikan-keunikan tersebut antara lain: Bobot tubuhnya lebih ringan daripada berat sekeping uang koin kecil, Mampu mengepakkan sayapnya hingga 80 kali perdetik, serta mampu terbang hoovering dan bergerak maju mundur,Mampu terbang selama 24 jam tanpa berhenti, Selama musim kawin, kepakan sayapnya meningkat hingga 200 kali / detik dengan kecepatan terbang 40 – 48 km / jam, dan Burung ini akan makan dan minum sebanyak 1/2 dari bobot tubuhnya untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Suara kicauan kolibri lebah tidak jauh berbeda dari beberapa jenis kolibri lainnya, yaitu berupa suara cerecetan dan besetan-besetan tajam. Namun suara tersebut dibawakan sedikit lebih kencang, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memancing bunyi burung kicauan lainnya, seperti burung-madu, pleci, cucak keling, cucak kombo, dan kemade. omkicau
Diberdayakan oleh Blogger.