Header Ads

Ini Ketujuh Tanaman Langka Yang Terdapat di Indonesia

loading...
PortalHijau.Com - Ada beragam jenis tanaman langka yang hidup bebas di Indonesia. Karena terletak di daerah tropis, beragam jenis tumbuhan hidup bebas di kepulauan nusantara. Akan tetapi, seiring pesatnya kehidupan modern, beberapa jenis tumbuhan mengalami penurunan jumlah populasi. Berikut daftar tanaman langka di Indonesia!

Purwaceng
Nama lainnya adalah Pimpinella pruatjan, berasal dari genus Apiaceae. Tanaman tawarkan khasiat luar biasa bagi si peminum, yaitu tingkatkan stamina tubuh. Purwaceng diolah dalam bentuk serbuk dan sering dijadikan campuran minuman susu dan kopi. Purwaceng diyakini mampu tingkatkan stamina si peminum, sehingga sering dijuluki tanaman viagra tradisional. Tak heran banyak orang mencarinya untuk dikonsumsi sebagai minuman. Popularitas tanaman sudah lama dikenal sejak jaman para raja Jawa.

Benarkah mampu tingkatkan stamina? Banyak hasil penelitian mengungkapkan hal ini. Tertarik? Populasi purwaceng semakin menurun dan lebih banyak dijumpai sekitar daerah dataran tinggi Jawa Tengah, terutama kota Dieng.

Daun Sang
Tanaman yang hanya ditemukan sekitar daerah Sumatera, namun populasinya lebih mendominasi daerah Aras Napal, Besitang, kabupaten Langkat. Nama ilmiah tanaman ini adalah Johannestijsmania altifrons, mengambil nama si penemu, Profesor Teijsman, yang berasal dari Belanda. Tanaman daun Sang pertama kali ditemukan pada awal abad 19.

Sarang Semut
Nama lain tumbuhan ini adalah Myrmecodia Pendans. Mengapa diberi nama ‘Sarang Semut’? Tanaman ini merupakan tempat favorit para semut yang tinggal di dalam batang pohon. Tak mudah menemukannya, lokasi tanaman jauh di atas tanah. Sarang Semut merupakan tumbuhan epifit asal Papua, lebih sering ditemukan menempel pada pohon besar setinggi 8 meter. Lebih mudah ditemukan pada pohon besar yang tumbuh diatas ketinggian 1100-2500 dari permukaan laut.

Edelweis
Satu lagi tanaman langka di Indonesia yang bernama latin, Anaphalis javanica. Meskipun telah dipetik dari tangkai, bunga Edelweis tidak langsung layu. Tanaman Edelweis bisa tumbuh hingga ketinggian 8 meter dan tebal batang sebesar ukuran kaki manusia. Lebih sering dijumpai sekitar daerah pengunungan Lombok, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan Jawa.

Kantong Semar
Jenis tanaman karnivora dan bentuknya mirip kantong. Kantong Semar menangkap serangga dengan meletakkan kelenjar nectar di bagian tutup kantong. Serangga yang terjebak akan diserap nutrisinya oleh tanaman. Selain ditemukan sekitar daerah Indonesia, tanaman bernama unik ini juga bisa ditemui sekitar daerah Asia Tenggara.

Rafflesia Arnoldii
Sebuah tanaman langka di Indonesia yang juga dianggap sebagai bunga terbesar dunia. Pertama kali ditemukan sekitar tahun 1818 di daerah Sumatera, terutama sekitar hutan tropis Bengkulu. Tak heran bila salah satu provinsi Bengkulu dikenal dengan nama The Land of Rafflesia. Selain provinsi Bengkulu, tanaman bisa dijumpai sekitar Sumatera Selatan dan Jambi.

Bunga Bangkai
Salah satu tanaman langka di Indonesia yang hanya bisa dijumpai sekitar daerah Sumatera. Tanaman mengeluarkan bau tak sedap dan tumbuh dalam dua fase kehidupan yang saling bergantian. Bunga Bangkai dikenal dengan nama Latin Amorphophallus titanum atau Titan Arum.
Diberdayakan oleh Blogger.