Header Ads

Ini Keempat Sekolah Peraih Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2015 di Kabupaten Kotawaringin Barat

loading...
PortalHijau.Com - Sebanyak 4 sekolah di Kabupaten Kotawaringin Barat berhasil meraih penghargaan sekolah berwawasan lingkungan atau Adiwiyata tahun 2015.

Penghargaan Adiwiyata diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya kepada para kepala penerima penghargaan yang didampingi Fahrizal Fitri Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Barat di Kantor Kemen LHK, baru-baru ini.

Fahrizal Fitri Kepala BLH Kabupaten Kotawaringin Barat menyebutkan 4 sekolah yang menerima penghargaan yakni, SDN 1 Sidorejo, SDN 2 Mendawai, SMP 1 Arsel, dan SMP 7 Arut Selatan.

Ia menjelaskan di Kabupaten Kobar, program sekolah adiwiyata dimulai sejak tahun 2012. Pihaknya melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap sekolah yang akhirnya pada 2013, SMAN 1 Pangkalan Bun berhasil meraih penghargaan disusul pada 2014 yakni SMAN 3 Pangkalan Bun.

“Tahun ini 4 sekolah berhasil menyabet penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata Fahrizal, kemarin melalui telephone selulernya.

Menurut Fahrizal Program Adiwiyata merupakan salah satu program dari Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negative. Karena itu sekolah yang diusulkan ke Propinsi Kalteng dalam penilaian Adiwiyata merupakan sekolah yang telah memiliki penunjang kelestarian lingkungan, misalnya adanya tempat sampah,kebun maupun taman sekolah yang asri.

Diapun menjelaskan tujuan Program Adiwiyata, menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan baik bagi sekolah dasar dan menengah.

“Program Adiwiyata dilaksanakan harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam. Jadi baik guru maupun pelajar terlibat langsung dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan asri di lingkungan sekolah,” jelasnya. c-uli
Diberdayakan oleh Blogger.