Header Ads

Ini Ke-10 Hotel Penerima Penghargaan Gebyar Green Hotel Award 2015

loading...
PortalHijau.com - Sebanyak 10 hotel yang masuk nominasi penghargaan "Gebyar Green Hotel Award 2015" akan mewakili Indonesia di ajang ASEAN Travel Forum di Manila, Januari 2016 mendatang. Ke-10 hotel dari total 20 hotel berbintang empat dan lima yang menjadi peserta untuk mendapatkan penghargaan Green Hotel Award akan bersaing dengan perwakilan negara-negara ASEAN.

"Kami menilai 20 peringkat terbaik, 10 di antaranya akan diusulkan mengikuti ASEAN Travel Forum Award," kata Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman dalam sambutan acara Green Hotel Award 2015 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (5/10/2015) malam.

Dadang mengatakan, ada 46 hotel yang berpartisipasi dengan mengisi kuesioner sebagai alat penilaian. Kemudian, sebanyak 36 hotel dikunjungi langsung oleh tim juri untuk ditinjau sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Ketua Tim Juri Green Hotel Award 2015 Naning Adiwoso mengatakan, kinerja bangunan menjadi poin utama dalam penilaian hotel. Begitu pun dengan penggunaan lampu, pengolahan sampah, dan kriteria lain yang menjadi bahan pertimbangan dalam penilaian, lanjut Naning.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, dengan penerapan green hotel, nilai lingkungan hotel dapat bertambah menjadi 5-10 persen. Dengan memakai energi ramah lingkungan, lanjut dia, maka penyelamatan lingkungan bisa jauh lebih baik.

"Green hotel akan diminati pada masa depan," tambah Arief.

Berikut adalah 10 hotel yang mendapatkan penghargaan Green Hotel Award 2015 dan mewakili Indonesia di ASEAN Travel Forum 2016:
  1. Manado Golf and Convention Center Hotel
  2. Novotel Bandung Hotel
  3. Santika Premiere Yogyakarta
  4. Jogjakarta Plaza Hotel
  5. Singgasana Hotel Surabaya
  6. Ayodya Resort Bali
  7. Bali Tropic Resort & Spa
  8. Novotel Manado Golf Resort & Convention Center
  9. The Park Lane Jakarta
  10. Eastparc Hotel Yogyakarta
Green Hotel Award diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata. Acara penghargaan ini diadakan sebagai apresiasi dan dukungan kepada para pengusaha dan pengelola hotel yang menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan dalam rangka meningkatkan daya saing industri pariwisata Indonesia, khususnya industri perhotelan. Wahyu Adityo Prodjo
Diberdayakan oleh Blogger.