Header Ads

Ini Alasan Warga Menolak Tambang Emas Di Kawasan Gunung Tumpang Pitu

loading...
PortalHijau.Com - Penolakan tambang emas di Kawasan Gunung Tumpang Pitu, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, sudah berlangsung sejak 1997. Sejumlah upaya dilakukan oleh warga melalui pemerintah.

Didik, salah satu warga mengatakan, ia dan warga lainnya menolak operasi tambang itu karena mengganggu warga. "Bayangkan hutan lindung dirambah," ujarnya, Kamis (26/11/2015).

Didik menambahkan, Gunung Tumpang Pitu merupakan pelindung warga dari tiupan angin barat daya. Angin tersebut sangat kencang dan bisa memporak-porandakan permukiman.

"Dengan adanya gunung itu, ketika angin barat daya bertiup, genteng rumah saja bisa terangkat. Apalagi kalau tidak ada gunung," ucapnya.

Didik mengaku tidak mengetahui siapa yang mempelopori aksi penolakan aktivitas tambang emas Gunung Tumpang Pitu. Saat ini kondisi lokasi masih memanas.

Sejumlah warga yang menolak tambang sudah bertemu Pemkab Banguwangi, Polri, dan PT BSI sebagai pengelola tambang emas itu. Namun belum ada kesepakatan untuk menutupnya.

Sebelumnya, sejumlah warga dikabarkan tertembak saat berunjuk rasa menuntut lokasi tambang emas itu ditutup. Warga pun mengecam penembakan tersebut. Nurul Arifin
Diberdayakan oleh Blogger.