Header Ads

Aceh Tamiang Menjadi Pelopor Penyelamatan Hutan Dengan Menebang Sawit

loading...
PortalHijau.Com - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menjadi pelopor penyelamatan hutan dengan aksi menebang sawit di kawasan hutan lindung.

Pasalnya, pemerintah dan stakeholder telah merestorasi seluas 1.071 hektare lahan perkebunan ilegal di kawasan hutan lindung di Kecamatan Tenggulun menjadi tanaman hutan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kami melawan kegiatan yang merusak sumber-sumber air kami dengan mengembalikan lahan ini menjadi hutan. Dan ini adalah upaya menyelamatkan generasi dari kekeringan,” kata Bupati Aceh Tamiang, Hamdan Sati dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2015 di Tenggulun, Tamiang, Selasa (15/12/2015).

Hamdan menambahkan, ini menjadi kewajiban semua pihak mempersiapkan kehidupan yang lebih baik bagi generasi yang akan datang.

“Seperti yang kita lihat hampir seluruh kelapa sawit yang berada dalam kawasan hutan telah ditebang dan mulai ditanam dengan tanaman hutan,” tambahnya.

HMPI di Aceh Tamiang dilaksanakan di atas lahan perkebunan kelapa sawit illegal seluas 1.071 hektar yang sebagian telah ditebang dengan kerja sama dengan LSM Forum Konservasi Leuser (FKL), sejak 2014.

“ Saat ini 100 hektare telah ditanami BPDAS Krueng Aceh, 80 hektare Dinas Kehutanan Aceh Tamiang, 250 hektare lainnya dalam proses penanaman oleh tiga kelompok masyarakat dan sisanya direstorasi FKL melalui regenerasi alami,” pungkas Field Manager FKL, Tezar Pahlevi. (*) Yusmadi Yusuf
Diberdayakan oleh Blogger.