Header Ads

PBB Minta Upaya Lebih Besar Tangani Pemanasan Global

loading...
BERLIN -- Rencana untuk memangkas emisi gas rumah kaca yang disusun oleh 150 negara ditemukan kurang memadai dalam memenuhi target membatasi kenaikan suhu global.

Sekretariat Perubahan Iklim PBB hari Jumat (30/10/2015) mengeluarkan perkiraannya mengenai perkiraan emisi gas rumah kaca global menjelang konferensi iklim PBB COP21 di Paris bulan depan. Sebelumnya di tahun 2009, delegasi-delegasi COP15 sepakat membendung kenaikan suhu rata-rata dunia menjadi kurang dari dua derajat Celsius di atas tingkat sebelum Revolusi Industri.

Pejabat tertinggi PBB urusan iklim Christiana Figueres bertemu wartawan di Berlin, di mana ia mengungkapkan bahwa target pengurangan emisi yang dibuat negara-negara sebelumnya akan membatasi kenaikan suhu menjadi 2,7 derajat Celsius. Ia juga menyatakan emisi gas rumah kaca akan melebihi target itu sebanyak sekitar sembilan miliar ton hingga tahun 2025, dan sekitar 15 miliar ton hingga tahun 2030.

Akan tetapi pihaknya tetap mempertahankan bahwa kesepakatan janji pengurangan oleh negara-negara itu akan mengurangi emisi sebanyak sekitar empat miliar ton lebih sedikit dari pada yang diperkirakan akan terjadi pada 2030 tanpa adanya aksi tambahan. (nhk/A-88)***


Sumber : Pikiran Rakyat, Foto : Ilustrasi/kompas
Diberdayakan oleh Blogger.