Header Ads

Manfaat Nyata dari Udara Bersih

loading...
PortalHijau.Com - Mengurangi polusi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, namun juga bagi ekonomi dan lingkungan.

Amerika Serikat kembali menegaskan tekadnya untuk memangkas polusi/emisi karbon dioksida (CO2) dari sektor pembangkit listrik sebesar 32% pada 2030 – naik dari rencana awal yang sebesar 30%. Tekad ini disampaikan oleh Presiden Barack Obama dalam pidatonya di Washington, DC, senin 3 Juli 2015 yang lalu.

Sebanyak sepertiga emisi karbon Amerika Serikat berasal dari industri listrik. Angka ini jauh lebih tinggi dari jumlah emisi yang dihasilkan oleh sektor rumah tangga dan transportasi.

Dengan memangkas sepertiga emisi dari pembangkit listrik, Amerika Serikat akan mampu mengurangi 10% dari total emisinya pada 2030. Untuk mencapainya, AS menetapkan target pengurangan emisi dari pembangkit listrik di setiap negara bagian dan beralih ke energi terbarukan, terutama ke pembangkit listrik tenaga angin dan surya.

Aksi Amerika Serikat ini mendapat pujian dari berbagai pihak. Tidak kurang Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon menyampaikan penghargaannya. “Langkah tersebut menunjukkan komitmen AS untuk (turut) mengatasi (krisis) perubahan iklim, menghemat biaya dan menumbuhkan ekonomi,” ujar Ban Ki-moon dalam berita PBB.

Tiga kalimat kunci yang disampaikan oleh Ban Ki-moon yaitu perubahan iklim, penghematan biaya dan pertumbuhan ekonomi bermuara pada satu kalimat yaitu efisiensi energi. Analisis American Council for an Energy-Efficient Economy (ACEEE) terhadap rancangan awal kebijakan AS tersebut menemukan, separuh (50%) dari target pemangkasan emisi bisa diraih melalui aksi efisiensi energi.

ACEEE menyatakan, program efisiensi energi lebih murah dua atau tiga kali lipat dalam penerapannya dibanding jika harus memroduksi energi dari sumber-sumber tradisional.

Aksi efisiensi energi juga memiliki manfaat lain yaitu menurunkan biaya listrik bagi rumah tangga dan bisnis serta membuka lapangan kerja baru. Efisiensi energi adalah jalan paling siap murah dan cepat dalam mencapai target pengurangan emisi, menekan harga dan menjamin pasokan energi.

Menurut Obama, melalui kebijakan pengurangan emisi, biaya listrik rumah tangga bisa dikurangi hingga $85 per tahun. Jumlah penyakit asma di kalangan anak-anak akan menurun hingga 90.000 kasus dan AS akan bisa mencegah 3.600 kematian prematur pada 2030.

Manfaat yang nyata udara bersih ada di depan mata. Pertanyaannya, siapa yang akan turut serta?
Diberdayakan oleh Blogger.