Header Ads

Suhu Bumi Pasti naik 1,5 Derajat Celcius

loading...
Suhu bumi dipastikan naik 1,5°C. Bumi semakin panas dan risiko krisis iklim terus meningkat. Kesimpulan ini diperoleh dari laporan perubahan iklim terbaru yang dirilis di Washington, 25 November 2014.

Laporan ini meneliti peningkatan risiko perubahan iklim terhadap kehidupan dan mata pencaharian penduduk di tiga wilayah: Amerika Latin dan negara-negara di Karibia, Eropa Timur dan Asia Tengah serta Timur Tengah serta Afrika Utara.

Jutaan penduduk di seluruh dunia telah terkena dampak oleh perubahan iklim yang makin dramatis dan cuaca yang makin ekstrem. Saat bumi semakin hangat, gelombang panas dan fenomena cuaca ekstrem akan semakin sering terjadi. Mengancam stabilitas dunia.

Risiko ini bersumber dari penurunan hasil panen dan semakin sulitnya memeroleh pasokan air. Laporan oleh World Bank Group menyebutkan, pada pertengahan abad ini suhu bumi dipastikan naik 1.5°C di atas periode pra-industri – walau dunia telah melakukan aksi mitigasi ambisius.

“Rekor suhu tertinggi telah berkali-kali terpecahkan, hujan semakin sering terjadi di beberapa wilayah sementara di wilayah lain, seperti di wilayah Mediterania, kekeringan semakin parah,” ujar Jim Yong Kim, Presiden World Bank Group sebagaimana dikutip dari berita Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Perubahan-perubahan ini menyulitkan upaya mengurangi kemiskinan dan mengacaukan mata pencaharian jutaan penduduk dunia,” tambahnya lagi. “Semua perubahan tersebut juga berdampak pada bujet pembangunan.”

Laporan berjudul “Turn Down the Heat: Confronting the New Climate Normal” menganalisis dampak kenaikan suhu bumi saat ini (yang tercatat mencapai 0,8°C), saat mencapai 2°C dan 4°C dibanding level pra-industri.

Produksi pertanian, sumber daya air, jasa lingkungan/ekosistem dan tingkat kerentanan di wilayah pesisir semua menjadi pokok bahasan dalam laporan yang disiapkan oleh Potsdam Institute for Climate Impact Research and Climate Analytics ini. Karena tanpa aksi yang konkret, laporan ini menyatakan kenaikan suhu bumi bisa mencapai 4°C. (hijauku.com)
Diberdayakan oleh Blogger.