Header Ads

Lawan Perubahan Iklim, Selamatkan Hutan

loading...

Semakin banyak negara yang bertekad selamatkan hutan untuk atasi perubahan iklim. Tekad baru muncul dari empat negara yaitu Ethiopia, Kongo, Guatemala, dan Uganda.

Keempat negara ini berjanji akan menjaga 30 juta hektar hutan, melipatgandakan pencapaian target “Bonn Challenge” atau Tantangan Bonn – yang bertekad merestorasi 150 juta hektar lahan terdeforestasi dan terdegradasi pada 2020.

Dalam deklarasi baru bernama “New York Declaration on Forests” yang ditandatangani oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN), sebanyak 100 negara, perusahaan, masyarakat adat dan masyarakat sipil bertekad memangkas laju deforestasi hingga separuhnya pada 2020 dan mengakhiri praktik deforestasi pada 2030.

Deklarasi ini sejalan dengan diumumkannya target restorasi hutan baru yaitu setidaknya 350 juta hektar hutan – lebih luas dari wilayah India – harus dipulihkan pada 2030. Target ini diumumkan di New York dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Perubahan Iklim atau Climate Summit.

“Restorasi lahan yang terdeforestasi dan terdegradasi tidak hanya dengan menanam pohon. Masyarakat dan komunitas adalah jantung dari upaya ini, guna mengubah lahan yang tergedradasi menjadi bentang alam yang sehat dan subur,” ujar Bianca Jagger, Duta Besar IUCN untuk Bonn Challenge, dan Pendiri Bianca Jagger Human Rights Foundation. (hijauku.com)
Diberdayakan oleh Blogger.