Header Ads

Lapisan Ozon Sehat Bumi Pun Sehat

loading...
Dua juta kasus kanker kulit baru per tahun berhasil dicegah sebagai dampak membaiknya lapisan ozon. Dunia harus berterima kasih pada keberadaan Protokol Montreal. Protokol ini berhasil mempromosikan larangan pemakaian bahan-bahan yang berbahaya bagi ozon sehingga polusi yang merusak lapisan ozon bisa dipangkas.

Lapisan ozon memiliki peran penting bagi keberlangsungan kehidupan di bumi. Laporan Program Lingkungan PBB berjudul “Environmental Effects of Ozone Depletion and its Interactions with Climate Change: 2014 Assessment” menyatakan, lebih dari 2 juta kasus kanker kulit akan bisa dihindari per tahun hingga 2030 akibat implementasi Protokol Montreal dan amandemennya.

Laporan ini menerangkan efek negatif radiasi Ultra Violet (UV) bagi kesehatan manusia (termasuk kanker kulit dan katarak), dampaknya bagi ekosistem, kualitas udara dsb. Protokol Montreal juga berhasil mencegah peningkatan radiasi UV radiation di bagian bumi bagian selatan dan sejumlah wilayah lain di benua Arktika. (hijauku.com)

Diberdayakan oleh Blogger.