Header Ads

Eropa Kampanyekan Gerakan Anti Plastik Mikro

loading...
Negara-negara Eropa mulai memromosikan larangan penggunaan plastik mikro di produk rumah tangga. Plastik mikro (microplastic) adalah plastik berukuran sangat kecil yang bisa dijumpai di ribuan produk yang dijual di seluruh dunia.

Belanda, Austria, Luxembourg, Belgia dan Swedia baru-baru ini mengeluarkan himbauan bersama untuk melarang penggunaan plastik mikro yang sering digunakan di produk perawatan tubuh dan rumah tangga seperti kosmetik dan detergen.

Langkah ini adalah upaya untuk melindungi ekosistem laut dari kontaminasi. Makanan laut (sea food) kemungkinan besar juga tercemar oleh produk ini.

Himbauan bersama yang dikirimkan ke 28 menteri lingkungan hidup negara-negara anggota Uni Eropa ini menyatakan, upaya menghilangkan plastik mikro di produk kosmetik dan deterjen harus menjadi prioritas utama negara-negara Eropa.

Plastik mikro sulit dilihat dengan mata telanjang. Polutan ini bisa langsung mencemari saluran air akibat pemakaian produk-produk perawatan tubuh di kamar mandi. Partikel plastik mikro ini juga tidak bisa terurai di alam.

Saat plastik mikro masuk ke dalam laut, sangat sulit bagi kita untuk membersihkannya. Para ilmuwan baru-baru ini telah memeringatkan bahaya plastik mikro bagi kesehatan manusia.

Plastik mikro juga bisa menyerap polutan-polutan lain, termasuk polutan organik, sehingga membahayakan bagi kesehatan manusia, terutama setelah plastik mikro ini mencemari rantai makanan. (hijauku.com)
Diberdayakan oleh Blogger.