Header Ads

Hijauku 'Microgrid' Laris Manis

loading...
Pasar teknologi pembangkit listrik mikro (microgrid) terus berkembang dengan total pendapatan melampaui $26 miliar per tahun pada 2023. Naik dari total pendapatan tahun ini yang hanya $5,5 miliar per tahun. Fasilitas penyimpanan energi menjadi “jualan utama” di pasar ini.

Teknologi pembangkit listrik mikro meliputi teknologi pembangkit listrik tenaga diesel, gas alam, sel bahan bakar (fuel cells), sel surya, pembangkit listrik tenaga angin, penyimpanan energi berteknologi tinggi dsb.

Menurut laporan Navigant Research, perubahan dramatis terjadi di pasar ini. Nilai ekonomis dari teknologi pembangkit listrik mikro ini terus meningkat. Teknologi ini juga didesain untuk mendukung jaringan listrik secara keseluruhan.“Pembangkit listrik mikro terus menjadi fenomena global,” ujar Peter Asmus, analis di Navigant Research.

“Sistem ini menawarkan fitur canggih, termasuk kemampuan untuk mandiri dari sistem pembangkit listrik utama saat terjadi pemutusan energi. Sistem ini juga bisa diintegrasikan dengan memanfaatkan berbagai sumber energi seperti, angin, matahari dan pembangkit listrik konvensional seperti mesin diesel.”

Menurut laporan ini, walau teknologi pendistribusian energi masih mendominasi komponen pembangkit listrik mikro, namun fasilitas penyimpanan energi canggih (seperti baterai, sel bahan bakar, aki generasi baru dsb) akan mendominasi investasi pada 2023. (hijauku.com)
Diberdayakan oleh Blogger.