Header Ads

Abrasi Pusung Cium Semakin Mengganas

loading...
Pusung Cium yang terletak di Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang saat ini mengalami abrasi yang semakin parah. Pantai Pusung Cium yang selama ini sering dijadikan objek wisata lokal masyarakat Tamiang kini kondisinya semakin tidak enak dipandang mata.

Pantai Pusung Cium ini di era tahun 90-an masih sangat terkenal sebagai tempat bertelurnya penyu atau tontong (sebutan masyarakat tamiang), dan bahkan sekarang pun masih dijadikan tempat bertelurnya penyu namun sudah sangat jarang dijumpai karena seringnya masyarakat berkunjung ke pantai Pusung Cium ini.

Hasil pantauan suara-tamiang.com, kondisi pantai Pusung Cium sudah sangat berbeda dari sebelumnya, karena sisi yang bersebelahan dengan laut lepas telah dihantam ganasnya ombak laut yang membuat pohon-pohon mangrove dan cemara di pantai ini telah hilang dan bertumbangan dihantam ombak.

Dan ini jika berlangsung terus menerus, dikhawatirkan akan keberadaan Pusung Cium ini tidak akan bertahan lama dan suatu saat nanti Pusung Cium yang terkenal dengan penyu dan pemandangan indahnya akan hilang tenggelam dihempas air laut. Adakah pihak yang peduli terhadap keberadaan Pusung Cium ini?

Sumber : S. Mahdi | Suara-Tamiang.com
Diberdayakan oleh Blogger.